Jacoweek 2025 Siap Sambut Satu Dekade, Wadah Kolaborasi Utama Pelaku dan Pecinta Kopi Nasional
Kredit Foto: Istimewa
Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2025 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 31 Oktober hingga 2 November 2025, bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 3-3A. Penyelenggaraan tahun ini menandai satu dekade acara tersebut menyapa para penggemar kopi, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Jacoweek 2025 kembali mendapatkan dukungan utama dari Bank Mandiri sebagai mitra strategis.
Mengusung tema besar ‘A Decade of Passion’ pada tahun ini, Jacoweek 2025 direncanakan menghadirkan partisipasi lebih dari 200 merek yang bergerak di sektor kopi dan teh. Peserta pameran meliputi merek lokal dan internasional, termasuk peraih penghargaan, para profesional kopi, produsen dan distributor peralatan, serta representasi dari petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Sejak awal terbentuk sebagai ruang komunal, acara ini kini telah berkembang menjadi platform pertemuan yang memiliki nilai strategis bagi seluruh rantai pasok industri kopi.
“Sejak pertama kali digelar 10 tahun lalu, Jacoweek konsisten menunjukkan dukungan kuat terhadap perkembangan industri kopi Indonesia. Selama satu dekade, fokus kami adalah membangun fondasi edukasi dan kolaborasi yang kuat. Kini, dengan landasan itu, kami memperluas upaya kami untuk melahirkan sinergi yang lebih besar dan berdampak demi memastikan pertumbuhan industri kopi Indonesia yang berkelanjutan di masa depan,” ujar Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (28/10/2025).
Baca Juga: Kopi Indonesia Terus Diminati Pasar Global
‘A Decade of Passion’ menggambarkan antusiasme dan kobaran semangat yang terus hidup di antara para pelaku industri dari petani, barista, roaster, pelaku usaha hingga penikmat kopi. Dengan kolaborasi yang selalu menjadi highlight, Jacoweek 2025 menghadirkan Indonesia Tea Culture. Selain itu, Jacoweek 2025 juga berkolaborasi dengan Tokyo Coffee Festival, salah satu festival kopi paling populer di Jepang sebagai langkah memperluas jejaring dan membuka peluang kolaborasi internasional bagi pelaku industri kopi tanah air.
Tahun ini, Jacoweek juga mengambil langkah kecil menuju keberlanjutan dengan bekerja sama dengan Daur Baur Micro Factory untuk pengolahan limbah gelas plastik selama acara berlangsung. Harapannya, inisiatif ini dapat menjadi contoh nyata komitmen Jacoweek terhadap praktik berkelanjutan di industri kopi.
“Kami senang bisa kembali menjadi bagian dari Jacoweek tahun ini, apalagi di momen spesial satu dekade perjalanan Jacoweek yang terus konsisten mendukung kemajuan kopi spesialti Indonesia. Semangat yang dibawa sejalan dengan misi kami, untuk terus mengembangkan dan mengharumkan budaya kopi Nusantara. Tahun ini, kami secara khusus mengadakan Roemah Koffie Latte Art Competition 2025 di Jacoweek dengan skala yang lebih besar, hadiah lebih menarik, serta kolaborasi bersama mitra global,” kata Felix TJ, CEO Roemah Koffie, sebagai salah satu pendukung gelaran Jacoweek 2025.
Untuk menambah keseruan, Jacoweek 2025 menghadirkan lima kategori kompetisi utama, yakni Delifru Drink Expert, Iron Tongue by Young Baek, Tarung Tiga, Nordic E-Roasting Challenge, dan Roemah Koffie Latte Art Competition. Tahun ini, Jacoweek juga memperluas cakupan dengan menghadirkan Matcha Match, sebuah kompetisi khusus bagi para pecinta matcha hasil kolaborasi dengan Indonesia Tea Culture yang menandai langkah baru dalam merangkul budaya teh di tengah maraknya tren konsumsi teh di kalangan generasi muda Indonesia.
Senior Vice President Digital Marketing Bank Mandiri, Diah Eka Purwanti, menyatakan dukungan Bank Mandiri terhadap Jacoweek 2025 merupakan komitmen dalam mendukung perkembangan budaya kopi Indonesia agar cita rasa dan kualitas tingginya semakin dikenal luas di dalam negeri maupun mancanegara.
“Bank Mandiri melihat potensi besar dari perhelatan Jacoweek 2025 dan turut senang dapat mendampingi perjalanannya dalam 10 tahun memajukan industri kopi Indonesia. Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup konsumen modern. Oleh karena itu, partisipasi eksklusif Bank Mandiri dalam Jacoweek 2025 menegaskan peran kami sebagai partner banking andalan konsumen, mendukung kebutuhan gaya hidup maupun kebutuhan finansial mereka,” ujar Diah.
Baca Juga: Lewat Mandiri Sahabatku, Bank Mandiri Bimbing PMI Jepang Menjadi Wirausaha di Indonesia
Untuk mendukung semangat perayaan satu dekade ini, Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai program promo menarik agar nasabah mendapatkan benefit tambahan saat bertransaksi nontunai melalui QRIS Livin’, E-Money, serta Kartu Debit dan Kredit Bank Mandiri.
Pengunjung dapat memperoleh tiket masuk Jacoweek 2025 dengan harga spesial Rp25.000 (harga normal Rp50.000) menggunakan QRIS Livin’ by Mandiri, Kartu Debit/Kredit Mandiri atau Livin’ PayLater. Selain itu, tersedia juga promo menarik berupa bonus dua tiket masuk Jacoweek 2025 dengan melakukan pembelian tiga cangkir kopi di merchant terpilih melalui QRIS Livin’ by Mandiri (periode: 15–30 Oktober 2025).
Selain Bank Mandiri, Jakarta Coffee Week 2025 secara spesial turut mendapat dukungan dari Anchor Food Professionals Indonesia, PUQ Coffee Indonesia, PT. Sumber Kurnia Alam, Delifru Flavor Expert, Ellenka Professional, NOD, Maharaja Coffee, Sudi Jaya Group, Ritz Crackers, serta Indomilk FnB Solutions sebagai Official Milk Sponsor.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: