Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tinjau SPBU Jatim, Dirut Pertamina Patra Niaga dan Dirjen Migas Pastikan Komitmen Layanan Konsumen

        Tinjau SPBU Jatim, Dirut Pertamina Patra Niaga dan Dirjen Migas Pastikan Komitmen Layanan Konsumen Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Surabaya -

        Sebagai perwujudan komitmen untuk menyediakan layanan optimal kepada publik, Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, serta Lemigas, melakukan inspeksi langsung. Peninjauan ini menyasar sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di area Jawa Timur pada hari Rabu (29/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti laporan yang masuk dari masyarakat, sekaligus memverifikasi mutu bahan bakar dan kepatuhan terhadap standar operasional pelayanan di lokasi.

        Menanggapi permasalahan yang terjadi, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, memberikan penjelasan mengenai langkah tindak lanjut perusahaan.

        “Terkait kejadian beberapa kendaraan konsumen yang mengalami kendala, kami segera melakukan investigasi menyeluruh untuk memastikan penyebab gangguan dan menyiagakan posko layanan konsumen di wilayah terdampak,” ujarnya.

        Baca Juga: Pastikan Kualitas dan Fasilitas Optimal, Pertamina Patra Niaga Pantau Ketat SPBU Ciater Serpong

        Mars Ega juga menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada masyarakat yang merasakan dampaknya akibat insiden tersebut. Ia menambahkan, “Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh konsumen yang mengalami ketidaknyamanan atas kejadian ini.”

        Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Laode Sulaeman, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri ESDM terkait pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kami meninjau langsung SPBU di Gresik dan Surabaya untuk memastikan langkah mitigasi risiko yang dilakukan oleh Pertamina, termasuk mekanismekeluhan konsumen yang kini tersedia di SPBU,” ujar Laode.

        Baca Juga: Apresiasi dan Ide Improvisasi Layanan SPBU Pertamina

        Dalam peninjauan tersebut, Ditjen Migas dan Lemigas melakukan uji kualitas BBM melalui uji pasta air dan uji visual. Hasil uji di dua SPBU menunjukkan tidak ditemukan kandungan air dalam BBM. “Dari hasil pengujian, seluruh sampel menunjukkan kondisi baik dan memenuhi standar. Prosedur ini juga rutin dilakukan di setiap SPBU sebelum operasional,” tambah Laode.

        Mars Ega pun menambahkan berdasarkan hasil uji laboratorium, produk Pertalite dari Terminal BBM Tuban dan Surabaya dalam kondisi sesuai dengan standar mutu yang berlaku. Meski demikian, Pertamina Patra Niaga tetap melakukan investigasi lanjutan di tingkat SPBU untuk memastikan kualitas pada jaur distribusi.

        “Kami berkomitmen menindaklanjuti setiap laporan secara bertanggung jawab. Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan laporan di luar wilayah posko, Pertamina menyediakan berbagai kanal pelaporan resmi, yaitu di SPBU terakhir tempat pembelian BBM atau menghubungi Pertamina Contact Center 135 melalui telfon, email maupun DM media sosial,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: