Di Tengah Era Digitalisasi dan Dirupsi Pasar, Para CMO Sabet Penghargaan Eksklusif dari Warta Ekonomi
Kredit Foto: Warta Ekonomi
Warta Ekonomi kembali menggelar ajang penghargaan bergengsi Indonesia Best CMO Awards 2025, yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (31/10/2025) malam. Tahun ini, acara tersebut mengusung tema “Redefining the CMO Role in Indonesia’s Dynamic Market Landscape to Shape the Future of Brand and Business Growth”.
Penghargaan ini diberikan kepada para Chief Marketing Officer (CMO) yang berhasil menavigasi perubahan lanskap pemasaran nasional melalui inovasi, digitalisasi, serta pendekatan berorientasi pelanggan.
Dalam sambutannya, Muhamad Ihsan, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group, menyampaikan bahwa peran CMO kini semakin strategis di tengah transformasi digital. Dari hasil riset Warta Ekonomi, sebanyak 96,88% CMO meluncurkan kampanye pemasaran dalam setahun terakhir.
Selain itu, 88,54% CMO telah mendorong inovasi digital yang berfokus pada kebutuhan pelanggan. Ini menunjukkan komitmen kuat terhadap transformasi digital dan customer centricity.
“Menunjukkan komitmen kuat perusahaan terhadap digitalisasi ini seperti saya sampaikan di depan bahwa faktor digitalisation menjadi bagian penting dalam riset kali ini,” kata Ihsan.
Sementara itu, Yuswohady, Pakar Pemasaran sekaligus Founder Inventure Knowledge, menyoroti tantangan yang dihadapi para pemimpin pemasaran di tengah perubahan perilaku konsumen pasca pandemi.
Baca Juga: Warta Ekonomi Apresiasi Perempuan Hebat di Ajang Indonesia Most Powerful Women 2025
Menurut Yuswohady, disrupsi bisnis kini semakin dipicu oleh munculnya produk atau layanan baru yang mampu menawarkan more for less yakni kualitas lebih baik dengan harga yang lebih rendah.
“Disrupsi itu kan terjadi ketika ada pemain satu dia kasih quality more tapi dengan harga yang less. Itu cirinya disrupsi itu begitu, jadi disrupsi terjadi selalu karena ada produk baru yang dia menawarkan more for less,” kata Yuswohady.
Ia menambahkan, fenomena more for less tersebut berakar dari perubahan besar selama pandemi Covid-19 yang dampaknya masih terasa hingga kini. Ketidakpastian ekonomi membuat konsumen lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.
“Konsumen tuh nahan belanja, konsumen kurangi belanja, dan kalau belanja minta nya diskon, minta nya 11-11 nunggu promo. Ini konsumen itu makin hebat, makin struggle, makin kritis,” kata Yuswohady.
Sejumlah tantangan tersebut sekaligus sebagai peluang bagi para pemimpin pemasaran atau Chief Marketing Officer (CMO) untuk merancang strategi yang lebih relevan, efisien, dan berorientasi pada kebutuhan nyata konsumen di tengah ketidakpastian ekonomi global.
Baca Juga: Inklusi Keuangan Indikator Kunci Jaga Stabilitas Ekonomi Makro
Oleh sebab itu,Warta Ekonomi mengapresiasi para CMO sebagai pemenang penghargaan Indonesia Best CMO Awards 2025.
- Sutadi - Direktur Pemasaran PT Asuransi BRI Life kategori Life Insurance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Advancing Insurance Growth through Cross-Sector Collaborative Partnerships
- Listianawati Sugiyanto – Direktur PT Asuransi Ciputra Indonesia kategori Life Insurance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Strengthening Customer Trust through Data Protection and Service Excellence
- Himawan Purnama - Chief Agency Officer PT Allianz Life Indonesia kategori Life Insurance sebagai Best Chief Agency Officer 2025 in Strengthening Customer Protection through Innovative Insurance Solutions
- Riyanta - Direktur Pengembangan Usaha Kai Logistik PT Kereta Api Logistik kategori Logistic & Courier sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Supporting National Logistics Transformation through Empowerment and Market Expansion
- Thomas Arifin - Wakil Direktur Utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk kategori Conventional Bank sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Advancing Strategic Alliances for Customer-Centric Banking Solutions
- Budhi Novianto - Direktur Bisnis PT Asuransi Kredit Indonesia kategori General Insurance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Supporting Local Resilience through Innovative Credit Insurance Initiatives
- Linggawati Tok - Marketing Director PT Great Eastern General Insurance Indonesia kategori General Insurance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Driving Strong Growth through Strategic Market Expansion
- Imelda Alini Pohan - Direktur Pemasaran Perum Perumnas kategori Property & Real Estate sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Promoting Housing Inclusivity through Collaboration and Digital Empowerment
- Kindaris - Direktur Bisnis PT Permodalan Nasional Madani Financial kategori Service sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Advancing Sustainable Growth through Green and Inclusive Initiatives
- Tan Justin Darsono - Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Toyota Astra Financial Services kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Promoting Green Mobility through Innovative Financing and Customer Engagement
- Wibowo – Director PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Expanding Market Share through Syariah-Driven Product Innovation
- Daniel Hartono - Direktur PT Federal International Finance (FIFGROUP) kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Enhancing Customer Value through Customer-Oriented Financing Solutions
- Herman Lesmana - Marketing Director PT Buana Finance Tbk kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Strengthening Business Performance through Strategic Market Development
- Ria Sutrisno - Head of Marketing PT Daya Intiguna Yasa Tbk kategori Retail & Trade sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Building Brand Engagement through Creative and Community-Driven Campaigns
- Kusuma Ida Anjani - Direktur PT Mustika Ratu Tbk kategori Consumer Goods sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Advancing Women Empowerment through Sustainable Beauty Innovation
- Fadly Hasan - Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kategori Transportation sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Advancing Public Transport through Digital and Service Innovation
- Eri Palgunadi - SVP Marketing Group Head JNE PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) kategori Logistic & Courier sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Expanding Market Presence through Customer-Centric and Value-Based Strategies
- Kamelia Faisal - Direktur Komersial PT Bio Farma (Persero) kategori Pharmaceutical sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Supporting National Health Transformation and Expanding Global Market Reach
- Maraja Jeson Siregar - Direktur Pemasaran PT Phapros Tbk kategori Pharmaceutical sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Elevating Phapros Performance through Strategic and Data-Driven Marketing
- Kokok Susanto - Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) kategori Shipping Industry sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Promoting Sustainable Logistics Growth through Technology-Driven Sea Toll Services
- Tan Chian Hok - Chief Marketing & Sales Astra Credit Companies PT Astra Sedaya Finance kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Best Chief Marketing Officer 2025 in Strengthening Customer Trust through Innovative Financial Services
- Alung Ng - Director PT Bussan Auto Finance kategori Multifinance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Strengthening Brand Trust through Community-Driven Engagement
- Jan Winston Tambunan - Direktur Network & Retail Funding PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kategori Conventional Bank sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Promoting Inclusive Growth through Retail and Premium Client Engagement
- Heliantopo - Direktur Bisnis PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) kategori Financial Service sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Expanding Affordable Housing Access through Strategic Financing Partnerships
- Ery Widiatmoko - Direktur Pemasaran Asuransi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kategori General Insurance sebagai Best Chief Marketing Officer 2025 in Strengthening Customer Trust through Service Excellence and Innovation
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cita Auliana
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: