Kredit Foto: Istimewa
Ruang akses pasar bagi pengusaha mikro dan kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin terbuka dengan pengembangan NTT Mart untuk memperluas pasar produk unggulan daerah.
Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman mengatakan NTT Mart yang diinisiasi Pemerintah Provinsi NTT bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mencintai produk lokal. Ini disampaikannya saat meninjau NTT Mart di Kota Kupang, beberapa waktu lalu.
Baca Juga: Ekonomi RI Kembali Tunjukkan Ketahanan dan Daya Saing Kuat
Dirinya pun mendorong konsistensi dan kolaborasi di antara para pengusaha UMKM agar tercipta ekosistem usaha yang positif dan berkelanjutan.
“Yang paling penting adalah bagaimana masyarakat dapat memasarkan produknya, proses produksi berjalan lancar, dan pada akhirnya roda perekonomian daerah bergerak,” katanya, dikutip dari siaran pers Kementerian UMKM, Kamis (6/11).
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Kementerian UMKM berkomitmen untuk senantiasa mendukung melalui sinergi program, khususnya dalam hal peningkatan daya saing dan sertifikasi usaha.
“Untuk meningkatkan daya saing, kami akan bantu fasilitasi sertifikasi seperti SNI, PIRT, BPOM, dan lainnya agar UMKM NTT bisa segera naik kelas,” kata Menteri Maman.
Baca Juga: Wujudkan Ekonomi Lebih Adil, Wamen UMKM Ajak Bangun Kemitraan Saling Menguatkan
Sementara itu, Gubernur NTT Emanuel Melkiades Laka Lena menyambut baik dukungan tersebut dan menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk memperkuat kolaborasi dengan pemerintah pusat dan stakholder terkait lainnya.
“Apa yang sudah kami bangun melalui NTT Mart ini akan terus kami kembangkan. Kami siap berkoordinasi dengan Pak Menteri dan jajaran, memperbesar skala usaha, memperluas jaringan, serta memperkuat pasar produk NTT,” ujar Gubernur Emanuel Melkiades Laka Lena.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya