Kredit Foto: InJourney
Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memperkuat kolaborasi dengan Trip.com Group untuk mempromosikan pariwisata berkualitas.
Trip.com Group sendiri merupakan perusahaan travel technology terbesar di dunia yang menaungi merek global seperti Trip.com, Ctrip, Skyscanner, dan Qunar yang menghubungkan wisatawan dengan lebih dari 1,5 juta mitra perjalanan di 220 negara.
Baca Juga: Sektor Ritel Berperan Penting Jadi Motor Penggerak Ekonomi RI
Penguatan kolaborasi tersebut dilakukan melalui partisipasi Indonesia dalam Trip.com Group Global Partner Summit 2025 di Istanbul, Turki, yang berlangsung pada 8–10 November 2025.
“Trip.com bukan sebatas mitra digital, tetapi mitra strategis yang tumbuh bersama dalam misi menghadirkan pengalaman perjalanan bermakna ke Indonesia. Kolaborasi ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi quality tourism di Asia,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Rabu (12/11).
Partisipasi Indonesia juga menjadi momentum untuk melanjutkan gaung kampanye global terbaru “Go Beyond Ordinary” yang resmi diluncurkan di World Travel Market (WTM) London 2025 pada awal November 2025.
Kampanye ini merupakan evolusi dari brand Wonderful Indonesia, yang mengajak wisatawan dunia melampaui pengalaman visual menuju perjalanan yang lebih bermakna dan transformatif.
Melalui semangat Go Beyond Ordinary, Indonesia mengedepankan tiga pilar utama pariwisata nasional yaitu Gastronomy, Wellness, dan Marine Tourism, sebagai wujud nyata pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. “Kami ingin wisatawan dunia tidak hanya melihat keindahan Indonesia, tetapi juga merasakan jiwanya termasuk budaya, keramahan, dan nilai yang membuat setiap perjalanan lebih berkesan,” kata Made.
Pada puncak acara Trip Best Award Ceremony di WOW Istanbul Hotel & Convention Center, Indonesia dianugerahi penghargaan “Strategic Partnership Destination of the Year” dari Trip.com Group. Penghargaan ini menegaskan keberhasilan kolaborasi Kemenpar dan Trip.com Group dalam kampanye promosi digital di pasar Tiongkok dan Korea Selatan yang melampaui target KPI hingga 135 persen pada 2025.
Made menambahkan Kemenpar akan terus memperkuat sinergi dengan Trip.com Group melalui berbagai inisiatif digital, promosi terpadu (joint promotion), dan pengembangan pasar potensial di Asia serta Eropa.
“Dengan semangat Go Beyond Ordinary, Indonesia berkomitmen untuk terus membuka peluang kolaborasi baru, menghadirkan inovasi promosi kreatif, dan memperkuat peran sebagai destinasi unggulan dunia,” ujarnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait: