- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Bersama Pelanggan, Telkomsel Tanam 3.000 Bibit Lamun dan Bangun Rumah Kultivasi di Pangandaran
Kredit Foto: Istimewa
Telkomsel menghadirkan cara baru bagi masyarakat untuk ikut menyelamatkan bumi, cukup lewat donasi Telkomsel Poin di aplikasi MyTelkomsel.
Melalui inisiatif Berbagi Hepi dengan Donasi Poin, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini menunjukkan komitmen kuat terhadap praktik bisnis berkelanjutan berlandaskan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
Program ini digelar melalui kolaborasi bersama platform Kitabisa, menghadirkan aksi nyata berupa penanaman Seagrass/Lamun dan pembangunan Rumah Kultivasi di berbagai wilayah pesisir Indonesia. Salah satu lokasi utama berada di Pantai Karapyak, Kabupaten Pangandaran, yang selama ini menjadi habitat penting bagi ekosistem laut.
Melalui program ini, pelanggan Telkomsel berkesempatan menjadi bagian dari gerakan pemulihan lingkungan hanya dengan mendonasikan Telkomsel Poin. Setiap poin yang didonasikan berkontribusi langsung pada penanaman Lamun, tanaman laut yang berfungsi sebagai, penyedia habitat dan sumber makanan bagi biota laut, penstabil sedimen dasar laut dan penyerap karbon alami yang efektif terhadap mitigasi perubahan iklim. Dengan peran Lamun dalam penyerapan karbon, program ini sekaligus menjadi sarana pelanggan untuk mengurangi jejak karbon (carbon footprint) dari aktivitas sehari-hari.
Baca Juga: Telkomsel Percepat Pemulihan Jaringan dan Salurkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Aceh Tamiang
Upaya ini sejalan dengan target pemerintah dalam RPJMN 2025–2029 untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) secara signifikan.
General Manager Mobile Consumer Business Region Jawa Barat Telkomsel, Anandoz Bangsawan, menegaskan bahwa program ini dirancang untuk mengajak publik terlibat langsung.
“Kami sangat bersyukur atas partisipasi pelanggan dalam program ini. Telkomsel ingin menjadi sarana bagi setiap pelanggan untuk menjadi pahlawan lingkungan. Penanaman Lamun dan pembangunan rumah konservasi bukan hanya mengembalikan ekosistem, tetapi juga memberdayakan ekonomi masyarakat,” jelas Anandoz, Jumat (12/12/2025).
Telkomsel memastikan program ini bukan inisiatif jangka pendek. Ke depan, perusahaan akan memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak agar gerakan penyelamatan lingkungan terus berkembang.
Telkomsel Poin merupakan program loyalitas bagi pengguna Telkomsel Halo, simPATI, hingga IndiHome. Poin dapat ditukar dengan berbagai diskon dan penawaran menarik, namun sering kali hangus di akhir tahun. Dengan program Berbagi Hepi, pelanggan kini memiliki pilihan pemanfaatan poin yang lebih bermakna mendukung pemulihan bumi.
Pelanggan dapat mengecek katalog lengkap dan melakukan donasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel. Poin akan berlaku hingga 31 Desember pukul 23.59 WIB, sehingga program ini sekaligus menjadi momentum warga untuk menyalurkan kepedulian sebelum poin kedaluwarsa.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: