- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
MY BABY Luncurkan Kampanye #HanyaIbuYangBisa untuk Apresiasi Peran Ibu dalam Momentum Hari Ibu 2025
Kredit Foto: Istimewa
Peran ibu dalam keluarga Indonesia sering kali mencakup berbagai tanggung jawab yang penting namun jarang mendapat perhatian khusus. Selain mengelola urusan rumah tangga dan mendampingi tumbuh kembang anak, banyak ibu yang juga bekerja di luar rumah. Meskipun kontribusi emosional dan praktis mereka menjadi fondasi bagi kesejahteraan keluarga, tugas-tugas keseharian tersebut sering kali dianggap sebagai kewajiban biasa sehingga apresiasi terhadap beban kerja mereka masih tergolong rendah.
Menanggapi realitas tersebut, MY BABY meluncurkan kampanye nasional bertajuk #HanyaIbuYangBisa bertepatan dengan peringatan Hari Ibu 2025. Inisiatif ini bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih memahami dan mengapresiasi peran ibu, baik di ranah domestik maupun profesional. Melalui kampanye ini, diharapkan muncul pengakuan yang lebih setara atas kontribusi para ibu yang selama ini mungkin kurang diperhatikan oleh lingkungan sekitarnya.
Relevansi peran ganda ibu saat ini didukung oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) melalui Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2024. Data tersebut menunjukkan bahwa Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan di Indonesia telah mencapai 55,42%. Meski lebih dari separuh perempuan usia produktif kini aktif bekerja di berbagai sektor, tanggung jawab utama terkait urusan rumah tangga dan pengasuhan anak secara umum masih tetap dibebankan kepada sosok ibu.
Baca Juga: Peringati Hari Ibu 2025, Perempuan Astra Berdayakan Perempuan Pesisir di Muara Angke
Survei Sakernas menunjukkan bahwa peran ibu tidak hanya hadir di ranah domestik, tetapi juga berdampak luas dalam kehidupan sosial dan profesional. Di tengah berbagai peran yang dijalani secara bersamaan, ibu membangun lingkungan pengasuhan yang penuh perhatian dan kasih, yang membantu anak tumbuh dengan rasa aman dan dicintai. Pada saat yang sama, kehadiran ibu di dunia kerja turut menghadirkan sosok yang tangguh, adaptif, dan memiliki empati tinggi, nilai-nilai yang terbentuk dari pengalaman pengasuhan sehari-hari dan sering kali luput disadari sebagai kekuatan.
Melalui kampanye #HanyaIbuYangBisa, MY BABY menghadirkan ruang sekaligus mengajak masyarakat untuk merayakan dan mengapresiasi peran ibu yang kerap berlangsung di balik layar, karena hanya ibu yang mampu menjalani berbagai peran secara bersamaan, dengan konsistensi, ketulusan, dan kasih tanpa syarat yang dampaknya terasa besar bagi keluarga.
Winny Yunitawati, Deputy Managing Director Cosmetic, Consumer & Health Care Tempo Scan Group, menjelaskan, kampanye #HanyaIbuYangBisa merupakan bagian dari komitmen MY BABY yang selama lebih dari 40 tahun hadir mendampingi ibu menghadirkan produk perawatan yang berkualitas seperti MY BABY Minyak Telon Plus yang menjadi No. 1 dan dipakai 9 dari 10 ibu di Indonesia Indonesia. “Kami melihat bagaimana peran ibu hari ini semakin berlapis, mulai dari menjalani tanggung jawab keluarga sekaligus berkontribusi di luar rumah. Melalui #HanyaIbuYangBisa, MY BABY ingin mengajak masyarakat berhenti sejenak dan memberi pengakuan yang tulus atas peran ibu yang sering kali dianggap sebagai hal yang sudah seharusnya,” ujar Winny.
Baca Juga: Berdayakan Kekuatan Perempuan dengan Maksimal Antarkan Lian Tje Raih Women Empower Women Award 2025
Kampanye Hari Ibu 2025 MY BABY dijalankan melalui rangkaian aktivasi online dan offline, mulai dari digital video, kolaborasi dengan figur inspiratif, hingga aktivasi di ruang publik. Sebagai momen puncak pada 22 Desember 2025, MY BABY menghadirkan Rizky Febian untuk merayakan Hari Ibu bersama, sekaligus merepresentasikan peran anggota keluarga yang mengapresiasi sosok ibu dan berbagai peran yang dijalaninya setiap hari.
“Dulu saya menganggap kenyamanan di rumah sebagai hal yang sudah seharusnya, namun kini saya sadar itu adalah hasil pengorbanan ibu yang sering kali tidak terlihat. Kini, melihat istri saya menjalani perannya sebagai ibu, saya makin paham bahwa #HanyaIbuYangBisa hadir setiap saat untuk merawat dan menjaga dengan ketulusan. Di momen Hari Ibu ini, saya sebagai anak dan seorang ayah, bersama MY BABY hadir untuk merayakan dedikasi luar biasa para ibu yang selalu menjadi pilar terkuat bagi masa depan keluarga. Saya bangga bisa menjadi bagian dari kampanye ini untuk menyuarakan apresiasi bagi seluruh ibu hebat di Indonesia,” ujar suami penyanyi Mahalini ini.
Seluruh rangkaian ini dirancang untuk memperkuat pesan bahwa di balik keseharian keluarga, terdapat peran ibu yang dijalani dengan konsistensi, ketulusan, dan kasih tanpa syarat. Peran inilah yang membentuk rasa aman, mendukung tumbuh kembang, serta memperkuat ikatan keluarga, fondasi yang memang #HanyaIbuYangBisa.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: