Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Dukung UMKM Lewat Fasilitas Domain Gratis

BRI Dukung UMKM Lewat Fasilitas Domain Gratis Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perseroan Terbatas Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah melalui pemberian fasilitas domain gratis dalam platform digital bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Lewat penandatanganan MoU Pengembangan UMKM Melalui Platform Digital Dalam Rangka Mendukung Program 1 Juta Domain oleh Direktur Utama BRI Asmawi Syam dan Menkominfo Rudiantara, Rabu (2/11/2016), diharapkan pelaku UMKM Indonesia dapat segera "go online" dan transaksi e-commerce juga meningkat.

"Total nasabah yang sudah didaftarkan sampai bulan Oktober sudah ada 5.000 nasabah untuk pendaftaran 1 juta domain," ujar Asmawi Syam usai penandatanganan MoU di Kantor Pusat BRI di Jakarta.

Program 1 Juta Domain "Indonesia Go Online" merupakan pemberian nama domain Indonesia secara gratis selama satu tahun dengan sasaran UMKM yang memiliki potensi penjualan online. Setelah mendaftar untuk mendapatkan domain gratis, para pelaku usaha UMKM akan diberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website.

Selain meningkatkan akses pasar dan daya saing, fasilitas domain ini juga ditujukan untuk efisiensi promo dan meningkatkan keterampilan nasabah mikro, KUR ritel, dan KUR menengah yang tadinya konvensional menjadi digital.

Direktur Konsumer BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan bahwa saat ini perseroan tersebut memiliki 9,5 juta nasabah kredit UMKM, yang untuk mengikuti program ini perlu diseleksi lebih lanjut oleh kantor wilayah dan kantor cabang BRI di seluruh Indonesia.

"Kami perlu seleksi dulu mana (UMKM) yang 'eligible' misalnya yang punya daya saing dan peningkatan keterampilan pengusahanya bisa cepat. Meskipun menetapkan target satu juta namun pelaksanaannya harus fokus agar pemanfaatan program bisa maksimal," tutur dia.

Sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan program ini, BRI telah melakukan sosialisasi internal di 12 kantor wilayah yang meliputi 10 provinsi di Indonesia dan terus akan melakukan sosialisasi di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Selain sosialisasi internal, BRI bersama Kemkominfo telah memberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website kepada nasabah BRI di Yogyakarta, Bekasi, Cianjur, Cirebon, Bandung, Banjar, Tasikmalaya dan Sukabumi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: