Bukalapak menggelar kopi darat (Kopdar) pertama kalinya bersama komunitas Pelapak Bukalapak di Jakarta, Senin (28/11/2016). Kopdar akbar ini bertujuan untuk mendukung UKM di Indonesia.
Kegiatan dengan rangkaian seminar dan workshop ini mengambil tema"Peluang untuk Tanyangan Bisnis Online UKM Indonesia".
CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan "Melalui kopdar akbar, Bukalapak memberikan kesempatan bagi komunitas dan pelapak untuk belajar dan berkembang bersama untuk menjalankan bisnis mereka di online marketplace Bukalapak, serta bersama berkontribusi mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital," ujar Achmad kepada di hadapan juru warta. Masih banyak pelaku bisnis dan UKM yang belum melek digital atau memanfaatkan platform digital.
Dalam kesempatan yang sama, Direksi Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi memaparkan, UKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. oleh sebab itu, usaha pemerintah untuk menjadikan Indonesia Negara Digital se-ASEAN di tahun 2020, harus didukung oleh UKM.
"Secara bertahap UKM Indonesia harus terus semangat mengembangkan pasarnya lebih kreatif. UKM bisa memanfaatkan platform digital seperti online marketplace di Indonesia sebagai salah satu wadah pengembangan pemasarannya," ungkapnya.
Dijelaskannya, banyak UKM di Indonesia yang masih harus dibimbing dan diberi edukasi dalam menghadapi berbagai tantangan. Misalnya, kata dia, peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif, serta akses teknologi.
Menurutnya, pemerintah dalam hal ini harus terus berupaya untuk memberi dukungan berkelanjutan bagi UKM agar misi menjadikan Indonesia negara ekonomi digital se-Asia tenggara di tahun 2020 bisa terwujud.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Rahmat Patutie
Tag Terkait:
Advertisement