Sukseskan Program Keuangan Inklusif, BRI Luncurkan BRILink Mobile
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menunjukkan komitmen untuk menyukseskan program keuangan inklusif yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Layanan Keuangan Digital (LKD) dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).
Sesuai dengan data yang dilansir oleh OJK, terdapat kenaikan indeks inklusi keuangan di Indonesia selama periode 2013 hingga 2016. Pada tahun 2016 indeks inklusi keuangan di Indonesia tercatat sebesar 67,82 persen atau naik apabila dibandingkan dengan indeks inklusi keuangan tahun 2013 sebesar 59,74 persen.
"Data ini menunjukkan bahwa masih terdapat ruang yang cukup besar bagi BRI untuk memberikan kontribusi, terutama kepada 32,18 persen atau hampir sepertiga masyarakat di Indonesia yang belum mendapatkan akses keuangan secara terintegrasi," ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso di Jakarta, Rabu (22/2/2017).
Atas dasar itulah, Bank BRI secara terus-menerus melakukan inovasi terhadap produk dan layanannya, salah satu yang terbaru yakni dengan meluncurkan BRILink Mobile.
Hari menjelaskan BRILink Mobile adalah aplikasi mobile yang digunakan oleh agen BRILink dengan menggunakan internet sebagai jalur komunikasi transaksinya di mobile device seperti smartphone/tablet yang berbasis Android. Sebelumnya, agen BRILink menggunakan mesin electronic data capture (EDC) untuk melayani transaksi. Dengan BRILink Mobile diharapkan agen BRILink mempunyai alternatif pilihan cara bertransaksi yang lebih sesuai dengan kebutuhannya.
Selain itu, BRILink Mobile juga diharapkan dapat menarik minat generasi millennia untuk menyukseskan program keuangan inklusif. Untuk dapat menggunakan BRILink Mobile, agen harus memiliki user ID dan password terlebih dahulu yang didapatkan setelah permohonan pendaftaran agenBRILink di unit kerja telah disetujui.
Adapun, prosedur pendaftaran BRILink Mobile sama dengan prosedur pendaftaran agen BRILink yang telah berjalan saat ini. Setelah mendapatkan user ID dan password, agen BRILink dapat mengakses BRILink Mobile dengan men-download aplikasinya di Google Playstore atau melalui web di alamat https://brilink.bri.co.id/brilinkweb.
"Syarat menjadi agen BRILink pun cukup mudah, di antaranya yaitu individu/badan usaha yang telah menjadi nasabah BRI, terdaftar sebagai pengguna internet banking BRI, memiliki perangkat untuk mengoperasionalkan BRILink Mobile (seperti handphone, PC/ Laptop, printer, dan modem internet)," terangnya.
Dengan menggunakan BRILink Mobile, agen BRILink akan mendapatkan berbagai manfaat lebih, di antaranya lebih fleksibel karena dapat menggunakan berbagai jenis smartphone berbasis Android/multi devices (laptop, tablet, handphone). Dengan fleksibilitas tersebut akan memberikan kemudahan transaksi bagi pelanggan, menambah jumlah pelanggan serta meningkatkan omzet usahanya. Dari sisi pelanggan, BRILink Mobile juga dapat menjadi one stop solution atas kebutuhan jasa dan layanan perbankan dikarenakan berbagai macam fitur dan layanan perbankan dapat dilakukan oleh agen BRILink.
"Karena sifatnya yang mobile, pelanggan juga akan diuntungkan dengan kemudahan akses untuk bertemu agen BRILink di manapun selama area tersebut terjangkau oleh jaringan internet," tukasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo
Advertisement