Aqua Japan sebagai pendatang baru pemain home appliance di Indonesia semakin gencar menggarap pasar tanah air. Di tahun 2017 ini brand yang mengakuisisi merek Sanyo ini meluncurkan produ-produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Empat brand baru yang inovatif diluncurkan tahun ini antara lain mesin cuci aqua duo, AC Nebula, kulkas empat pintu dan Smart TV.?
Adapun inovasi yang ditawarkan dari produk-produk tersebut antara lain, mesin cuci Aqua Duo, memiliki dua drum untuk mencuci di waktu bersamaan. Konsumen bisa mencuci dua jenis cucian berbeda di waktu yang sama sehingga lebih hemat waktu. Aqua mengerti kebutuhan masyarakat, terutama segmen menengah atas yang seringkali memiliki waktu terbatas, namun masih harus memisahkan cucian berwarna dengan cucian berwarna putih, atau cucian bahan tertentu dengan bahan lainnya agar tidak tercampur seratnya. Dengan Aqua Duo sangat membantu untuk mencuci dengan lebih cepat dan efisien.?
Berikutnya, AC Nebula Inverter, produk ini berbasis internet yang dikendalikan dengan wifi. AC ini juga memiliki keunggulan teknologi Aqua Nano yang memiliki efek membersihkan udara dan juga memiliki bunyi yang sangat senyap.?
Berikutnya, untuk kulkas, Aqua Japan menghadirkan Kulkas 4 pintu atau multi Door dengan kapasitas sangat besar dan desai yang mewah. Kulkas ini memiliki dua tempat penyimpanan untuk bahan makanan kering dan basah sehingga buah-buahan yang disimpan tidak cepat busuk dan sayuran tidak cepat layu.?
Produk Inovasi terakhir yang diluncurkan adalah Televisi 4K Curved LED Smart TV. Dengan teknologi 4K, TV ini memberikan sensasi gambar yang sangat jelas dan jernih, juga memberikan sensasi IMAX di rumah anda. Televisi ini juga memberikan sensasi efek 3D karena curved Operating System Android versi Kitkat sehingga dapat digunakan untuk browsing maupun streaming di dunia maya.?
President Director Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki mengatakan, dengan inovasi tersebut Aqua Japan ingin menyasar konsumen dari golongan kelas menengah ke atas. Menurutnya, segmen menengah ke atas memiliki karakteristik berupa pemahaman yang jauh lebih baik seputar teknologi dan sangat fasih dengan internet. Dengan memahami kebiasaan konsumen tersebut, Aqua Japan selain menyiapkan kegiatan komunikasi di berbagai saluran komunikasi ATL maupun BTL, juga memperkuat penggunaan saluran komunikasi digital sebagai saluran utama untuk meningkatkan kehadiran dan kredibilitas dari merek Aqua Japan.?
Dengan strategi tersebut, lanjut Sadayuki, Aqua Japan menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20% di tahun ini. Sepanjang tahun 2016 sendiri, telah mengalami kenaikan penjualan sebesar 12,5% dari tahun sebelumnya. Aqua Japan menjual 1 juta unit produk, berupa kulkas, mesin cuci, televisi, AC Chest Freezer dan Cooler.?
Sadayuki optimis target akan tercapai dengan produk inovatif tersebut. Selain itu, Aqua Japan juga terus memperkuat produk standar kami yang terjangkau untuk kelas menengah bawah. Berbagai strategi komunikasi kami siapkan dengan tema #knowyoubetter. Kami yakin dengan inovasi produk yang kami miliki teknologi dan kualitas dari Jepang, kami dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,? ujar Kenji penuh optimis.?
Strategi lainnya, memberikan konsumen informasi seputar peralatan rumah tangga yang terkait dengan produk Aqua Japan dan memastikan konsumen mendapatkan pengalaman terbaik. Setelah melakukan banyak komunikasi dengan konsumen Brand Awareness Aqua Japan meningkat dari 7% di tahun 2015 menjadi 27% di tahun 2016. Ujar Glenn Manengkei, Senior Manager Marketing and Communications Aqua Japan Indonesia.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement