Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

F&B jadi Kategori Terlaris di Mokado Elevenia

F&B jadi Kategori Terlaris di Mokado Elevenia Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ajang Indonesia eCommerce Summit and Expo (IESE) kembali digelar pada 9-11 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Dengan mengusung tema "Empowering the Digital Energy of Asia", IESE 2017 menjadi wadah pertemuan antar stakeholder ekosistem eCommerce untuk bertukar informasi dan ide mengenai status perkembangan industri terkini, serta mengasah gagasan dan inovasi untuk mengedukasi para pelanggan eCommerce, baik itu buyer maupun seller.

VP Data Management and CRM Elevenia Allto W. Setiabudi dalam paparannya mengenai Studi Kasus Mokado (Mobile Kado) tersebut mengungkapkan fakta bahwa ada tiga faktor utama yang mempengaruhi transaksi meningkat yaitu harga murah dengan diskon minimal lima puluh persen. Merek yang mempunyai banyak cabang dengan lebih dari dua puluh cabang. Dan merek terkenal yang dengan mudah dikenali orang.?

Di hari kedua pelaksanaan IESE 2017, elevenia memberikan pemaparan mengenai perilaku konsumen terhadap voucher digital dengan bedah kasus tentang MOKADO (mobile kado) dari elevenia.

MOKADO produk dari elevenia dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin mengirimkan hadiah, bonus atau kejutan kepada orang lain melalui SMS berbentuk mobile voucher di semua perangkat telepon seluler.

Mokado yang diluncurkan sejak bulan Maret 2016 ini tersedia dalam empat kategori yakni F&B, Fun &Event, Beauty&Health, dan lain-lain. Dari keempat kategori tersebut, tercatat bahwa F&B menjadi kategori terlaris, dimana 84 persen penjualan MOKADO berasal dari kategori tersebut.

Merchant yang tergabung di kategori F&B di antaranya adalah Lotteria, KFC, Burger King, Kripy Creme, Baskin Robins, dan lain-lain. Sedangkan kategori produk kedua yang paling banyak dibeli melalui MOKADO adalah Fun & Events, seperti waterbom, Jungleland, Go! Wet, dan lain sebagainya.

Digital voucher seperti MOKADO, biasanya mengalami transaksi paling tinggi antara jam 9 hingga 12 siang sebelum makan siang. Bukan hanya itu, produk ini juga biasanya mengalami ?peak days? (transaksi yang tinggi) di hari senin dan Kamis. Biasanya 18 persen hingga 27 persen transaksi terjadi di antara kedua hari tersebut.

Sehubungan dengan demografi pengguna e-coupon, jumlah pembeli wanita lebih tinggi daripada pembeli pria, selain itu, 74 persen pembeli masih berada di wilayah jabodetabek. Produk e-coupon ini lebih banyak dinikmati oleh mereka yang berusia 29-24 tahun (24 persen) dan 25-34 tahun (49 persen).

?Tercatat hingga awal tahun 2017 produk inovatif elevenia, MOKADO, telah terdaftar 200 merek yang menjual lebih dari 1100 produk dengan transaksi sebanyak hampir 83 ribu dan GMV 11,094,363,800. Kami juga mendapati bahwa returning customers untuk produk ini lebih tinggi dibanding produk non-MOKADO," tutup Allto W. Setiabudi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Bagikan Artikel: