Elevenia Angkat Dinamika Pertumbuhan Digital Marketing di IESE 2017
Ajang Indonesia eCommerce Summit and Expo (IESE) kembali digelar pada 9-11 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Dengan mengusung tema "Empowering the Digital Energy of Asia,"?IESE 2017 menjadi wadah pertemuan antar stakeholder ekosistem eCommerce untuk bertukar informasi dan ide mengenai status perkembangan industri terkini, serta mengasah gagasan dan inovasi untuk mengedukasi para pelanggan?eCommerce, baik itu buyer maupun seller.
elevenia, e-commerce yang mengusung open market place di Indonesia, pada tahun ini kembali berpatisipasi dalam ajang eCommerce terbesar di Indonesia ini. Di hari pertama pelaksanaan IESE 2017, elevenia akan berbagi pengalaman bisnis dan insight terkini dalam memaksimalkan pertumbuhan Digital Marketing di Indonesia terutama untuk mereka yang hendak memulai bisnis di plaform digital.
Senior Manager Search Marketing elevenia Glen Lee Vendy dalam paparannya mengenai Digital Marketing mengungkapkan fakta bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta atau setara dengan 34% dari populasi dengan rata-rata waktu penggunaan internet dari perangkat manapun adalah empat jam empat puluh dua menit per hari dan dari ponsel sendiri tiga jam tiga puluh tiga menit pemakaian sehari-hari. Selain itu, sebanyak 80% dari pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk meneliti, menemukan informasi produk, berbelanja dan mencari hiburan. Tren ini lah yang menjadi alasan pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis online.
Digital marketing merupakan sebuah penggunaan saluran digital untuk mempromosikan atau memasarkan produk dan layanan kepada konsumen dan bisnis dengan menggunakan komputer, tablet, ponsel pintar, papan reklame digital dan konsol permainan untuk pemasaran produk, layanan atau merek yang ditargetkan. Dengan digital marketing maka pelaku industri bisa langsung menjangkau dan mengubah prospek menjadi pelanggan dan kemudian mempertahankannya.
Gleen Lee Vendy juga mengungkapkan bahwa area utama digital marketing terbagi menjadi lima, yaitu Mesin pencari (search engine marketing), yang merupakan suatu bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil mesin pencari. Kemudian Iklan tampilan (display advertising), merupakan periklanan dalam bentuk tampilan online yang muncul di halaman web dalam berbagai bentuk dengan menggunakan visual yang menarik perhatian.
"Selanjutnya Media Sosial (social media), suatu proses untuk mendapatkan perhatian lewat media sosial. Selain itu, iklan video (video advertising), faktanya 89% pengguna Internet di Indonesia menonton video di YouTube setidaknya seminggu sekali. Analisis web (web analytics), merupakan sebuah studi untuk menemukan perilaku pengguna internet, menganalisa, serta mencari solusi untuk memperbaikinya demi menjalankan situs web yang sukses," imbuhnya.
Dengan meningkatnya pengguna internet dan teknologi tersebut membuat internet menjadi pasar yang sangat prospektif melalui Digital Marketing. Penggunaan system digital marketing yang tepat bisa membawa dampak yang signifikan terhadap brand. Namun demikian, biaya yang diperlukan pun juga tidak sedikit.
"Untuk itu, bagi pemain baru di bisnis online, yang belum memiliki modal besar, ada baknya bergabung di e-commerce karena e- commerce menyediakan system marketing yang terintegrasi untuk merchant-merchant mereka," tutup dia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Hafit Yudi Suprobo
Tag Terkait:
Advertisement