Riset dari Google Indonesia, berdasarkan data tahun lalu, menunjukkan pencarian promosi yang menggunakan kartu kredit banyak dicari saat bulan Ramadan.
"Saat Ramadan, yang banyak dicari itu promo kartu kredit. Misalnya, promosi makanan, orang kan ingin berkumpul," Kepala Industri Google Indonesia, Henky Prihatna, saat pemaparan di Jakarta, Selasa (23/5/2017).
Pencarian promosi bersyarat pembelian dengan kartu kredit saat Ramadan naik 1,2 kali dibanding bulan biasa, puncaknya saat minggu ketiga puasa, sekitar tanggal para karyawan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Warga net berbondong-bondong mencari informasi cara mendaftar kartu kredit beberapa bulan sebelum Ramadan agar dapat digunakan untuk berbelanja.
Selain promosi yang menggunakan kartu kredit, kata kunci lainnya yang banyak dicari saat Ramadan adalah cicilan 0 persen, naik 1,6 kali dibanding bulan biasa. Menurut data Google, pencarian 0 persen melonjak hingga 55 persen pada minggu ketiga Ramadan.
Pencarian cicilan 0 persen itu diperkirakan karena orang ingin membeli barang baru, misalnya pakaian, agar tidak terlalu berdekatan dengan hari raya. Wakil Direktur Pemasaran Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar, saat ditemui di acara yang sama, membenarkan transaksi dengan kartu kredit, terutama untuk cicilan 0 persen, banyak ditemukan di e-commerce tersebut.
Umumnya konsumen memanfaatkan cicilan 0 persen di kartu kredit untuk membeli gawai, kendaraan, peralatan rumah tangga maupun untuk kebutuhan sehari-hari. (ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement