Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi Kebutuhan Jelang Idul Fitri 2017, Mandiri Siapkan Rp23,5 Triliun

Antisipasi Kebutuhan Jelang Idul Fitri 2017, Mandiri Siapkan Rp23,5 Triliun Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan dana tunai sebesar Rp23,5 triliun atau Rp1,1 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1438 H. Rencananya, dana tunai tersebut sebanyak 85% akan disalurkan kepada masyarakat via mesin ATM, sedangkan 15% melalui kantor cabang.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Tardi mengatakan bahwa penyiapan dana tunai tersebut meningkat sekitar 10% dari nilai yang disiapkan secara harian pada kondisi normal.

"Antisipasi ini kami siapkan mengingat perkiraan tingginya kebutuhan uang tunai pada dua pekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, terutama saat liburan dan cuti bersama," ungkap Tardi di Jakarta, Selasa (30/5).

Khusus untuk mesin ATM, pihaknya juga akan meningkatkan pasokan uang tunai menjadi Rp1 triliun per hari, dari sekitar Rp900 miliar per hari, yang akan mulai berlaku pada 12 Juni hingga 23 Juni 2017. Hal ini dilakukan mengingat masa liburan Idul Fitri 1438 H yang akan berlangsung pada 26-30 Juni 2017.

"Dari nilai itu, sebesar 40% dari jumlah dana itu akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, sementara 60% lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek seperti, Medan, Semarang, Surabaya dan Bandung," kata Tardi.

Tardi menambahkan, pihaknya juga memastikan seluruh operasional layanan ATM akan tetap terjaga dengan membentuk tim ATM yang akan selalu siaga selama liburan. Saat ini, masyarakat dapat melakukan transaksi melalui 17.694 mandiri ATM. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 60.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa.

Perseroan juga menyediakan layanan 24 jam lain, yakni Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000. Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman seperti Informasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Telepon atau Handphone, Kartu Kredit, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Pajak, Pendidikan, Asuransi, Televisi Berlangganan, Internet, dan Pembelian isi ulang Pulsa.

"Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan satu unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas selama dua pekan, yakni pada 5 hingga 16 Juni 2017,? jelas Tardi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: