Warta Ekonomi, Makassar -
PT Angkasa Pura I memprediksi puncak arus mudik melalui angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terjadi pada H-2 Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran 2017. Diproyeksikan adanya peningkatan jumlah penumpang mencapai 7 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.?
"Arus mudik diperkirakan mencapai puncaknya tepat H-2 Lebaran. Sedangkan arus balik biasanya bergantung berakhirnya masa liburan. Kemungkinan H-1 masuk sekolah atau kantor," kata Airport Security Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Arief Siradjudin, kepada Warta Ekonomi, Rabu,?(7/6/2017).
Berdasarkan catatan AP I, lalu lintas penumpang di Bandara Hasanuddin berkisar 37 ribu orang tatkala arus mudik dan arus balik Lebaran 2016. Jumlah itu diyakininya meningkat pada tahun ini hingga 40 ribu penumpang per hari. AP I sendiri telah menyiapkan langkah antisipasi dengan memberikan tambahan penerbangan alias extra flight kepada sejumlah maskapai.?
Arief mengimbuhkan pihaknya juga memastikan akan membuka posko terpadu untuk pelayanan dan keamanan di Bandara Hasanuddin. Posko terpadu itu dibuka saat arus mudik dan arus balik Lebaran. AP I akan melibatkan berbagai instansi dalam posko tersebut, seperti TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Basarnas dan BMKG.
Posko terpadu Lebaran 2017, menurut Arief, akan ditempatkan di terminal kedatangan. Manajemen AP I mengambil kebijakan tersebut setelah melakukan rapat evaluasi terkait efektivitas keberadaan posko terpadu. Diketahui, tahun-tahun sebelumnya, posko terpadu selalu ditempatkan di terminal keberangkatan.
"Hasil evaluasi, posko terpadu lebih dibutuhkan di terminal kedatangan. Pertimbangannya, biasanya ada orang yang baru pertamakali datang atau sudah lama baru kembali ke Makassar. Nah, mereka ini kan butuh informasi. Belum lagi, kalau lelah pasca-perjalanan. Kan bisa beristirahat dan mendapatkan layanan kesehatan," terang Arief.
Lebih jauh, Arief mengatakan menjelang puncak arus mudik dan arus balik Lebaran, AP I mempermantap persiapan SDM maupun infrastruktur. Di antaranya yakni membenahi pelbagai layanan dan infrastruktur yang banyak digunakan calon penumpang dan pengantar/penjemput. Semisal yakni landasan pacu, lintasan taksi, area parkir untuk pengantaran dan penjemputan serta berbagai fasilitas di terminal. ?
Juru bicara PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, I Turah Aji Ari, menambahkan persiapan pembentukan posko terpadu terus dipermantap. Koordinasi dan komunikasi dengan berbagai instansi terkait lainnya sedang dibangun. Keberadaan posko terpadu itu, kata Turah, dimaksudkan untuk memberikan pelayanan prima kepada calon penumpang maupun pengantar/penjemput di Bandara Hasanuddin.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement