Tak hanya penjual konvensional yang membawa berkah tersendiri selama bulan Ramadan. Pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional kerap dijejali oleh pembeli yang ingin melengkapi kebutuhan sandang, pangan maupun papan.
Begitu juga pembeli melalui online shop mengalami peningkatan yang signifikan. Seperti e-commerce Blibli.com saat momen ini traffic pengunjung mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.
"Traffic dan transaksi naik dua kali lipat terutama kategori-kategori berkaitan dengan Ramadan," ujar CEO Blibli.com, Kusumo Martanto kepada wartawan, Jakarta, Kamis (15/6/2017).
Kusumo mengatakan trend yang paling diminati oleh konsumen sekarang ini seputar fashion dan kuliner. Ia mengansumsikan sejak media sosial mendominasi belakangan ini yang menampilkan cara memasak membuat pengunjung tertarik mencoba sendiri di rumah.
"Jadi misalkan pakaian fashion terutama busana muslim kemudian kuliner karena kan Ramadan di Ramadan ini kita lihat makin banyak orang yang belanja untuk barang-barang masak di rumah bukan untuk makan di luar," terangnya.
Menurutnya, transaksi penjualan Ramadan pada tahun 2017 dengan tahun lalu perbedaannya sangat tipis. Dicontohkannya belum lama ini e-commerce-nya meluncurkan produk terkait fashion.?"Jadi kita melihat rata-rata di Ramadan ini ada dua kali peningkatan daripada biasanya," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi
Tag Terkait:
Advertisement