Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menjaga Keindahan Cat Tembok dengan Kansai Paint Guarantee

Menjaga Keindahan Cat Tembok dengan Kansai Paint Guarantee Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kondisi cuaca di Indonesia yang panas dan terik membuat cat tembok rumah mudah terkelupas. Untuk itu, Kansai Paint menghadirkan program inovatif Kansai Paint 12 Years Guarantee untuk memberi jaminan kualitas dan keindahan cat tembok rumah yang tahan lama.

Brand Manager Kansai Paint Leonardo Batubara mengatakan pihaknya sangat memahami kebutuhan konsumen di Indonesia yang menginginkan cat tembok rumah berkualitas dan tahan lama. Ia mengatakan kehadiran program Guarantee merupakan jawaban Kansai Paint atas kebutuhan masyarakat tersebut.

"Tahun ini kami meluncurkan tiga produk baru, yaitu Kansai Diamond Shield, Kansai Ruby Matt, dan Kansai Pearl Sheen. Inovasi di produk ini adalah kita membuat cat berkualitas di mana kita menggaransikan 12 tahun untuk kualitas produk tersebut," katanya kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Dalam program Guarantee ini, Kansai Paint memberikan jaminan bahwa kualitas produk mereka akan bertahan hingga 12 tahun. Kansai Paint siap mengganti biaya pembelian produk kepada konsumen dengan nominal maksimal sebesar Rp20 juta jika kualitas cat tidak bertahan hingga 12 tahun.

"Ini merupakan suatu inovasi karena produk-produk yang ada di pasar sekarang belum memberikan garansi dalam kualitas produk. Garansi ini merupakan bukti keunggulan kualitas produk kami," ujarnya.

Saat ini program Kansai Paint 12 Years Guarantee mencakup tiga produk premium yakni?Kansai Pearl Sheen,?Kansai Ruby Matt, dan?Kansai Diamond Shield.

Produk yang diluncurkan dalam rangka memperingati 40 tahun kehadiran Kansai Paint di Indonesia ini mengandung?teknologi yang mampu mencegah perkembangan jamur dan tahan terhadap segala cuaca sehingga kualitas cat dapat bertahan lebih lama. Cat tembok premium ini juga memiliki ketahanan lebih terhadap noda sehingga mudah dibersihkan.

Ketiga produk ini mampu memberikan manfaat komprehensif kepada pengguna karena pengaplikasian yang berbeda antara produk yang satu dengan produk yang lain. Pengaplikasian produk Kansai Diamond Shield diperuntukkan bagi eksterior, sedangkan produk?Kansai Pearl Sheen dan?Kansai Ruby Matt untuk aplikasi interior.

"Kita meluncurkan ketiga produk ini juga untuk melengkapi portofolio produk kita. Jadi, kita berusaha memenuhi kebutuhan pasar. Tentu saja, kita juga memberi nilai tambah dengan garansi 12 tahun tersebut," ujarnya.

Inovatif

Leonardo Batubara mengatakan Kansai Paint selalu berupaya?melakukan inovasi untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Kansai Paint?Indonesia senantiasa bekerja sama dengan?berbagai macam pihak untuk menciptakan formula cat yang tepat.

"R&D ada di Indonesia, tapi kami berkolaborasi dengan Kansai Paint dari?negara lain, seperti Kansai Paint Afrika Selatan, Kansai Paint Jepang, atau Kansai Paint Malaysia. Jadi, knowledge transfer selalu ada," sebutnya.

Salah satu produk inovatif hasil kolaborasi?adalah?Kansai Anti-Mosquito yang merupakan?kerja sama antara Kansai Paint Indonesia dengan Kansai Paint Malaysia. Ia mengatakan formulasi Kansai Anti-Mosquito berasal dari internasional yang diadaptasikan dengan kondisi dan lingkungan di Indonesia.

Produk yang digadang-gadang sebagai pelopor cat tembok anti-nyamuk di Indonesia ini telah melalui serangkaian uji coba yang dilakukan oleh Kansai Paint Indonesia bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Uji coba pertama adalah melakukan?tes untuk mengukur persentase nyamuk yang jatuh setelah terpapar cat tembok Kansai Anti-Mosquito. Tes kedua?untuk membuktikan nyamuk yang terpapar kehilangan keinginan dalam menghisap darah. Kemudian tes terakhir menunjukkan efektivitas cat tembok Kansai Anti-Mosquito dalam menghalau nyamuk di dalam ruangan.

Serangkaian uji coba tersebut kemudian menghasilkan cat tembok yang mampu?mengusir nyamuk dari rumah sehingga mengurangi gigitan dan menghalau penyebaran penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria. Cat tembok interior berbahan resin modified acrylic ini?mengandung teknologi MosQick yang mampu bekerja hingga dua tahun lamanya.

"Jadi, itu hasil beberapa kali tes di lab dan juga di lapangan," katanya.

Leonardo menambahkan Kansai Paint juga memiliki produk inovatif unggulan lain seperti?Ftalit dan?Kansai Property. Produk?Kansai Property memberikan perlindungan jangka panjang (long life protection) dengan teknologi anti bakteri Bio-Pruf yang secara efektif terus bekerja selama lapisan cat masih menempel di dinding.

Produk?Kansai Property?menawarkan lima keunggulan utama, yaitu mencegah pertumbuhan berbagai jenis bakteri, jamur, dan lumut; mengurangi bau tak sedap karena bakteri, jamur, dan lumut; menjadikan ruangan lebih bersih dan segar; mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab berbagai jenis penyakit; dan memberikan perlindungan yang lebih lama pada permukaan tembok.

"Secara umum, kita selalu menawarkan kualitas di setiap produk. Itu hasil R&D dari berbagai negara yang disesuaikan dengan lokasi dan lingkungan setempat. Sedangkan produk unggulan kita Ftalit dan Kansai Property," paparnya.

Ia mengatakan bahwa produk unggulan Ftalit dan Kansai Property merupakan kontributor?terbesar terhadap penjualan perseroan, baik dari sisi nilai maupun volume.

"Kansai Paint?berharap produk-produk lain juga memberi kontribusi positif terhadap company.?Kita yakin produk-produk Kansai Paint Indonesia sudah compete dan kita berharap konsumen Indonesia memberikan feedback yang positif," tukasnya.

Tren Penjualan Positif

Jika ditelisik?lima tahun ke belakang, Leonardo Batubara mengatakan bahwa secara tren penjualan Kansai Paint selalu mengalami pertumbuhan positif.

"Iya, tren penjualan positif," singkatnya.

Ia mengatakan akan terus berupaya untuk meningkatkan angka penjualan yang salah satu caranya adalah dengan menggencarkan promosi dan memperluas?area distribusi. Tercatat, Kansai Paint membukukan?pertumbuhan volume penjualan hingga 7% pada kuartal I-2017. Pertumbuhan volumen penjualan ini ditopang oleh permintaan cat premium dan penambahan lini produksi.

"Kami juga ada rencananya memperbesar kapasitas produksi dan juga menambah varian produk," katanya.

Dari sisi promosi, ia mengatakan akan fokus pada ketiga produk yang baru diluncurkan, yaitu Kansai Pearl Sheen,?Kansai Ruby Matt, dan?Kansai Diamond Shield.

"Kita akan support promosi terintegrasi mulai dari media televisi, billboard untuk di luar ruang terbuka, dan juga outlet-outlet yang memang potensial untuk meningkatkan penjualan produk?kita," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: