Perusahaan manufaktur sektor kedirgantaraan, Airbus, memperkenalkan teknologi baru yang diharapkan dapat membantu upaya pemulihan pascabadai Irma yang telah menerjang sejumlah negara di kawasan Atlantik, beberapa waktu lalu.
"Kami berharap hal ini mampu mengubah cara pemulihan bencana di masa depan," kata Presiden Airbus Aerial, Jesse Kallman, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (15/9/2017).
Menurut dia, dengan dimulainya upaya pemulihan dampak bencana Badai Irma oleh para penduduk dan perusahaan asuransi di daerah tenggara Amerika Serikat, Airbus Aerial siap membantu dengan menyediakan akses awal gratis bagi para perusahaan asuransi tersebut untuk mengakses kepustakaan peta udara dan analisis data dari daerah yang terkena dampak.
Hal serupa telah dilakukan Airbus Aerial dengan pengasuransi di Houston, wilayah Texas yang terdampak bencana Badai Harvey. "Fokus kami adalah membantu para korban untuk bisa kembali ke rutinitas normalnya sesegera mungkin," ujar Jesse Kallman.
Tim Airbus Aerial mengubah cara perusahaan asuransi, penyalur sumbangan, dan perusahaan lainnya dalam merespons bencana alam, yaitu dengan menyatukan seperangkat teknologi yang sebelumnya sulit untuk dilakukan.
Khusus untuk perusahaan asuransi, teknologi Airbus Aerial memungkinkan mereka melihat arsip data lengkap mengenai suatu daerah sebelum terdampak bencana, kemudian menempatkan satelit beresolusi tinggi di area yang paling penting bagi mereka.
Ketika mereka telah mendapatkan pemahaman yang mumpuni dari ruang udara di area tersebut, maka "drone", pesawat awak, dan perangkat pencari data lainnya dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam.
Walaupun pemetaan udara sudah ada dalam kurun waktu yang cukup lama, pengumpulan gambar udara area tertentu (dengan ketinggian dari satu kaki di atas permukaan tanah hingga ke luar angkasa) dan menggunakannya sebagai informasi untuk menentukan langkah ke depan dalam upaya pemulihan.
"Apalagi semuanya dilakukan menggunakan satu alat," kata Kallman.
Kecepatan perusahaan asuransi untuk dapat memproses klaim pascabencana merupakan hal yang sangat penting bagi para korban yang umumnya telah kehilangan rumah, mengalami kelelahan akut, bahkan trauma.
Dipahami bahwa menyelesaikan klaim dengan cepat menjadi sangat penting karena pembangunan kembali aset yang hilang atau rusak tidak dapat dimulai sampai klaim diselesaikan. (Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement