Lenovo Grup memaparkan highlight seputar perkembangan laporan penjualan yang dirilis IDC yang menunjukkan laporan kuartal sebelumnya pada Juli, Agustus, dan September Lenovo mendapatkan posisi sebagai perusahaan yang perkembangannya begitu pesat.
"Ada strategi baru dari Lenovo dan transformasi baru dari Lenovo. Strategi bisnis (3 wave strategy) pertama, call business PC, kemudian hal-hal yang berhubungan dengan internet dan call, ada mobile juga. W ketiga, selanjutnya bersifat inkubasi atau merupakan teknologi yang akan berkembang. Contohnya, Lenovo menciptakan smartphone bentuknya tidak seperti PC tapi seperti speaker, tapi dia mempunyai fungsi yang canggih. Ada AR, VR itu bagian dari strategi," kata President untuk Lenovo Asia Pasific Ken Wong di Jakarta, Jumat (17/11/2017).?
Lebih jauh Ken mengatakan Lenovo juga lebih mengutamakan kepuasan kepada pengguna. "Berkaitan dengan kepuasan customer tadi, Lenovo bagaimana menerapkan insentif program bagi seluruh staf Lenovo. Di sini insentif didapatkan berdasarkan tingkat kebahagiaan customer-nya Lenovo dan juga partnernya Lenovo. Jadi itu insentif program," ucapnya.
Strategi dan transformasi selanjutnya seperti yang disampaikan Ken, Lenovo tetap mengedepankan kepentingan konsumen. "Secara agresif, Lenovo memanfaatkan teknologi yang tidak hanya untuk dijual tetapi sebagai meningkatkan proses dan juga bisnis Lenovo secara keseluruhan. Contohnya, ada satu disebutkan sekarang penggunaan teknologi sudah didapatkan report segala macam dan juga cepat termasuk melihat apa yang terjadi di sosial media," imbuhnya.
Kemudian, pendapatan Lenovo pada kuartal kedua menunjukkan pendapatan sebesar USD11,8 miliar, meningkat 5 persen dari tahun ke tahun, dan mengalami kenaikan 18 persen dari kuartal fiskal pertama. Keuntungan pendapatan dari kuartal ke kuartal dicapai di ketiga bisnis utama Lenovo, yaitu data center, mobile, dan PC and smart devices, yang menunjukkan bahwa penerapan strategi tiga gelombang (3 wave strategy) dari Lenovo yang kuat berhasil membuahkan peningkatan yang konsisten di seluruh portofolio. Pada kuartal kedua, pendapatan sebelum pajak Lenovo tumbuh sebesar USD104 juta, melambung secara signifikan dari kerugian di kuartal sebelumnya.
Menyusul peluncuran portofolio paling komprehensif dalam sejarahnya, Lenovo Data Center Group (DCG), didukung oleh struktur saluran yang dikembangkan dan mencatat kenaikan pendapatan dari tahun ke tahun di luar Cina terutama di Eropa dan Amerika Utara untuk kuartal kedua secara berturut-turut. Dengan ponsel Moto baru yang memiliki performa yang baik di pasar, Lenovo Mobile Business Group (MBG) juga melihat peningkatan pendapatan selama setahun, dengan momentum pengiriman yang kuat di Eropa Barat, Amerika Utara, dan Amerika Latin, dan menghasilkan pertumbuhan pendapatan keseluruhan untuk kuartal ketiga berturut-turut.?
PC/Smart Devices Group (PCSD) Lenovo, yang tetap menguntungkan di semua wilayah geografis, mencatat pangsa pasar 21,3 persen dengan rekor tinggi di wilayah Eropa atau pun Timur Tengah dan Afrika meluncurkan edisi Star Wars Jedi Challenges, sebuah kerja sama produk AR baru dengan Disney dan merayakan ulang tahun ke-25 ThinkPad yang ikonik pada akhir kuartal ini.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait:
Advertisement