Blibli.com menjalin kerja sama sinergi dengan Pos Indonesia menghadirkan kiosk Blibli InStore. Alat ini diklaim cukup praktis karena bisa membeli dan mengambil produk Blibli di kantor Pos Indonesia. Langkah awal ini sebagai strategi dalam memperluas jangkauan pasar Blibli.com sekaligus membawa pelanggan Pos Indonesia Go Digital.
"Kita tidak hanya fokus dengan e-commerce saja. Karena kita percaya kalau ekosistemnya tidak jadi, perusahaannya tidak bisa jadi, tidak bisa bagus, tidak bisa berkembang, jadi kita terus berusaha dengan membangun sendiri maupun bekerja sama dengan para partner untuk mengembangkan ekosistemnya," terang CEO Blibli.com Kusumo Martanto kepada wartawan di kantor Pos Besar, Jalan Lapangan Banteng Utara, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2018).
Kusumo menjelaskan Kiosk Blibli InStore telah tersedia di Jabodetabek dan Jawa Barat yang meliputi Bandung, Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Cilegon, dan sekitarnya. Adapun total titik penempatan kiosk telah ada di 32 kantor pos dan tak menutup kemungkinan akan memperluas ekspansi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tahun ini.
"Pos Indonesia dalam menghadirkan kiosk Blibli InStore di seluruh kantor pos se-Jabodetabek dan Jawa Barat, termasuk kerja sama dalam pengadaan fasilitas pembayaran menggunakan Pospay dan pengiriman barang menggunakan Pos Kilat Khusus hingga retur barang secara gratis melalui kantor pos bagi yang melakukan transaksi di kiosk Blibli Instore," imbuhnya.
"Wilayah yang disasar untuk penempatan kiosk Blibli InStore mempertimbangkan potensi pelanggan dan juga kesiapan infrastruktur wilayah tersebut. Harapan kami kerja sama ini bisa segera diperluas ke wilayah lain di indonesia," kata dia menambahkan.
Kerja sama ini sambung Kusumo diwujudkan karena melihat kekuatan jaringan yang dimiliki Pos Indonesia hingga ke Wilayah tier 2 dan tier 3 seluruh Indonesia merupakan prospek besar untuk dapat memperluas jangkauan pasar Blibli.com dan sekaligus membantu masyarakat untuk mendapatkan produk-produk yang diinginkan yang selama ini mungkin sulit untuk didapat di sekitar wilayah tinggal mereka.
Kerja sama ini juga dalam rangka upaya mendukung rencana pemerintah membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020 mendatang. "Sebagai e-commerce asli Indonesia tentunya kami ingin melakukan sesuatu yang dapat berkontribusi untuk kemajuan ekonomi negara," terangnya.
Sementara itu, Direktur Utama Pos lndonesia Gilarsi W. Setijono menambahkan kerja sama ini merupakan sebuah terobosan baru yang sarat akan manfaat yaitu kesempatan memperkenalkan belanja secara digital kepada pelanggan yang selama ini belum terpapar dengan baik dalam hal teknologi dan penggunaan aplikasi belanja online. Kehadiran e-commerce di kantor pos juga diharapkan dapat menambah segmen pelanggan baru Pos Indonesia.
Fokus penempatan kiosk Blibli InStore ke depannya akan tetap difokuskan penempatannya di beberapa kantor pos wilayah tier 2 dan tier 3 dengan target pengguna adalah pelanggan setia kantor pos, karyawan Pos Indonesia, dan juga penduduk sekitar kantor pos.
Terkait sosialisasi ini Kusumo mengatakan akan melakukan komunikasi secara luas ke wilayah sekitar kantor pos dan edukasi terhadap pelanggan baru untuk dapat memanfaatkan kiosk Blibli InStore. Oleh karena itu, Blibli.com dan Pos Indonesia menyosialisasikan produk ini melalui media komunikasi yang dimiliki seperti banner, flyer, brosur, layanan TV di kantor pos-kantor pos, dan lainnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah