PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) bersama JD.ID, perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com, toko online di Asia pada hari ini, Selasa (13/2/2018), melaksanakan penandatanganan kerja sama strategis untuk pengembangan bisnis dan peningkatan layanan melalui channel layanan terbaru, yaitu layanan "GarudaShop" yang ada pada website JD.ID.
Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh President Director JD.ID Zhang Li dan Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury bertempat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.
Melalui penandatanganan kerja sama strategis tersebut, kini seluruh penumpang Garuda Indonesia dengan mudah dapat membeli berbagai merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia melalui kanal khusus GarudaShop di website JD.ID (www.jd.id). Sebelumnya, merchandise dan produk esklusif Garuda tersebut hanya dapat dibeli oleh penumpang ketika terbang dengan Garuda Indonesia.
Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan bahwa kerja sama dengan JD.ID ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk mengembangkan bisnis Non-core penerbangannya melalui peningkatan ancillary revenue yang terus tumbuh dan sangat potensial untuk dikembangkan. Garuda Indonesia menargetkan pendapatan dari Ancillary Revenue tahun ini sebesar USD54 juta.
"Selain itu, kerja sama strategis ini juga bagian dari upaya peningkatan layanan Garuda Indonesia kepada seluruh pengguna jasa melalui layanan GarudaShop, yaitu platform online shop yang bekerja sama dengan JD.ID untuk memudahkan pengguna jasa melakukan pembelian merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia lainnya melalui online. Selain itu, pemegang Kartu kredit Garuda Indonesia-BNI dan Garuda Indonesia Citi Card juga akan diberikan program khusus untuk bertransaksi di Garudashop ini," tambah Pahala dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (13/2/2018).
Menurut Pahala, sesuai dengan visi Garuda Indonesia ke depan untuk menjadi IT-Based Airline, dan untuk mengoptimalkan seluruh channel distribusi dengan berfokus pada digital, kerja sama ini akan memberikan nilai tambah digital experience bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia.
"Kerja sama ini juga merupakan kerja sama dua korporasi besar megingat saat ini JD.ID merupakan salah satu perusahaan e-dagang terbesar dan terpercaya di Indonesia yang terus tumbuh dengan pesat," tutup Pahala.
Sementara itu, President Director JD.ID Zhang Li juga mengatakan, kemitraan strategis ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah kepada para penumpang Garuda dan para pelanggan JD.ID secara lebih luas. "Kami percaya apa yang kita mulai hari ini akan menjadi sebuah standar terbaru untuk industri layanan, baik di sektor penerbangan maupun e-dagang di Indonesia," ucapnya.
Layanan GarudaShop nantinya akan menjual beberapa merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia kepada publik dan pelanggan, di antaranya produk untuk kebutuhan traveling, jam tangan, perhiasan, parfum, peralatan kecantikan, gadget, hingga merchandise menarik untuk anak-anak dengan harga menarik. Dengan adanya layanan GarudaShop di JD.ID tersebut, para pelanggan Garuda Indonesia dapat dengan mudah berbelanja kebutuhan untuk pelesirannya secara online.
Sebelumnya, pada pertengahan 2017 lalu JD.ID juga telah bekerja sama dengan anak usaha dari Garuda Indonesia, yaitu maskapai low cost Citilink dalam hal kolaborasi perdagangan online dalam penerbangan. Melalui kerja sama tersebut, para penumpang Citilink bisa mendapatkan pengalaman berbelanja merchandise Citilink dan produk JD.ID secara online di dalam pesawat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Fauziah Nurul Hidayah