PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) membukukan pendapatan premi Rp494,53 miliar sepanjang tahun 2017, naik 27,14 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp388,96 miliar. Sementara perolehan hasil investasi pada periode yang sama mencapai Rp225,6 miliar atau naik 15,19 persen dari tahun 2016 yang sebesar Rp195,85 miliar. Dengan demikian, Taspen life membukukan pendapatan Rp680,03 miliar atau naik 18,75% dari tahun sebelumnya Rp572,67 miliar.
"Atas pencapaian kinerja yang positif selama tahun 2017, Taspen Life berhasil mencatat kenaikan laba setelah pajak sebesar 21,05% menjadi Rp65,71 miliar dari Rp54,28 miliar pada tahun sebelumnya," kata Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryoso dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2/2018).
Ditambahkan, untuk tahun 2018 ini sendiri, top line (premi) dan bottom line (laba bersih) ditargetkan naik masing-masing 40% dan 30%.
Perusahaan akan menerbitkan produk baru unit link dan menjajaki mitra chanelling dari salah satu bank BUMN pada semester I ini, melengkapi 7 produk kumpulan (employee benefit) dan 2 produk individu.
Taspen Life juga terus melakukan penetrasi pasar sehingga sampai dengan Desember 2017 jumlah peserta sebanyak 517.367 peserta atau meningkat 14,61% dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 451.405 peserta. Taspen Life berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para peserta, hal tersebut terlihat pada tahun 2017 Taspen Life telah membayarkan klaim sebesar Rp297,29 miliar.
Sementara itu, aset perusahaan pun pada 2017 tumbuh sebesar 15,09% menjadi Rp3,42 triliun dari sebesar Rp2,97 triliun pada 2016. Untuk investasi pada 2017 mencapai Rp3,23 triliun atau meningkat 14,79% dari tahun sebelumnya sebesar Rp2,82 triliun.
Untuk menambah penetrasi pasar pada 2017, Taspen Life telah menjalin kerja sama dengan induk perusahaannya yaitu PT Taspen (Persero) untuk program peningkatan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).
Selama tahun 2017 beberapa pemerintah daerah telah mengikuti program peningkatan manfaat THT tersebut, diharapkan dengan adanya program ini ASN dapat lebih sejahtera pada saat masa pensiun.
Hingga akhir tahun 2017 Taspen Life telah memiliki 8 Kantor Pemasaran yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Bandung, Palembang, Makassar, Semarang, dan Surabaya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yosi Winosa
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: