Pameran Telkom Craft Indonesia 2018 resmi ditutup Minggu (25/3/2018). Hanya dalam empat hari, nilai transaksi yang terkumpul mencapai lebih dari Rp20,1 miliar. Nilai transaksi tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai transaksi Telkom Craft Indonesia 2017.
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menyampaikan apresiasi dari pemerintah terhadap penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018. Ia mengharapkan kemeriahan Telkom Craft Indonesia dapat menjadi awal kebangkitan UKM Indonesia untuk semakin mengglobal sesuai dengan tema Telkom Craft Indonesia 2018 "Local Heroes to Global Champions".
"Mudah-mudahan di tahun mendatang lebih baik lagi, khususnya dalam hal peningkatan jumlah pengunjung, transaksi, kualitas produk maupun kreativitas," ujar Gatot di Jakarta, Senin (26/3/2018).
Sementara itu, Direktur Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Herdy R. Harman menyatakan puas dengan penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018 ini karena nilai transaksi hingga penutupan telah melampaui target yang ditetapkan sebelumnya. "Nilai transaksi tersebut di atas prediksi kami," ujarnya.
Besarnya nilai transaksi selama pameran, menurut Herdy, merupakan indikator bahwa produk-produk UKM semakin mendapat kepercayaan. "Kualitas produk UMKM kini sudah baik dan mampu bersaing di pasar internasional," tegasnya.
Sebanyak 400 UKM telah berpartisipasi dalam acara ini, terdiri dari UKM Binaan Telkom sebanyak 224 stan (56%), UKM Binaan BUMN lain sebanyak 104 stan (26%), dan UKM dari komunitas sebanyak 72 stan (18%). Mereka terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu fesyen sebanyak 209 stan (52%), craft sebanyak 115 stan (28%), dan makanan sebanyak 76 stan (20%).
Dikatakan Herdy, seluruh produk UKM peserta Telkom Craft Indonesia 2018 telah listing di blanja.com, sehingga pasca acara Telkom Craft Indonesia 2018 para calon pembeli tetap dapat bertransaksi melalui blanja.com.
"Sejatinya, acara ini tidak pernah ditutup karena para UKM dan pengunjung tetap dapat berinteraksi dan bertransaksi secara online melalui blanja.com," tambahnya.
Penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018 telah mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan telah tercatatnya pengunjung sebanyak 25.105 orang yang telah berbelanja. Dari seluruh transaksi, sebanyak 78% merupakan transaksi nontunai atau digital payment, yang terdiri TCASH, blanja.com, dan EDC Himbara.
"Hal ini cukup menggembirakan karena transaksi secara cashless mengalami peningkatan cukup tinggi dibandingkan dengan pelaksanaan Telkom Craft Indonesia tahun lalu," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Fauziah Nurul Hidayah