Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tips Mengelola Usaha Kuliner di Pinggir Jalan

Tips Mengelola Usaha Kuliner di Pinggir Jalan Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Merintis bisnis kuliner di pinggir jalan tidak berarti bisa dijalankan tanpa pengelolaan yang matang. Karena usaha sesederhana apa pun membutuhkan upaya pengelolaan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan agar bisa memperoleh target yang di inginkan dalam mengelola usaha kuliner di pinggir jalan menurut centrausaha.com.

Pemilihan Lokasi

Lokasi tempat usaha yang strategis adalah hal yang perlu menjadi perhatian pertama ketika ingin memulai sebuah bisnis. Memilih lokasi yang berada di keramaian dan dekat dengan tempat-tempat persinggahan kemudian mudah dijangkau adalah poin penting yang akan menunjang kelancaran bisnis ini.

Menentukan Harga Jual

Tentukan harga jual yang bersahabat dengan berbagai lapisan ekonomi masyarakat. Harga yang cukup terjangkau tentunya akan lebih menarik perhatian konsumen untuk sering singgah di warung Anda.

Kualitas Produk

Sajikanlah kualitas hidangan yang tidak asal-asalan serta bisa sesuai dengan budaya di lingkungan tempat membuka usaha tersebut. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap antusias masyarakat yang sudah tidak asing dengan menu yang Anda tawarkan.

Melakukan Promosi

Promosi adalah bagian dari bisnis yang juga memiliki pranan sangat penting. Buatlah ide promosi yang cukup membuat masyarakat dapat mengenali bahwa anda telah membuka usaha kuliner, bisa dengan pemasangan banner warung yang menarik serta tampilan warung lesehan Anda yang tampak nyaman untuk disinggahi.

Mengutamakan Cita Rasa

Bisnis kuliner adalah mengutamakan cita rasa olahan yang disajikan karena ini adalah hal paling utama yang akan membawa masa depan serta kelangsungan sebuah usaha makanan.

Jika Anda kurang yakin untuk dapat membuat msakan yang nikmat, jangan ragu untuk merekrut seseorang yang ahli dalam bidang ini. Meskipun hanya sebuah warung pinggir jalan, tentunya pengunjung akan tetap menilai cita rasanya dan inilah yang akan membuat mereka kembali singgah dan menjadi pelanggan tetapĀ Anda.

Kenyamanan dan Pelayanan

Tidak harus membuat tempat yang mewah dan elegan untuk memulai usaha kuliner di pinggir jalan. Yang lebih penting adalah tempat berjualan yang nyaman dan bisa membuat para konsumen merasa betah saat mereka singgah di warung Anda.

Kebersihan tempat merupakan poin penting yang akan membuat pelanggan tidak merasa jijik atau merasa terganggu dengan suasananya.

Berikan beberapa fasilitas hiburan kecil bisa berupa majalah untuk dibaca sambil menunggu pesanan hidangan atau perdengarkan musik dan pasang televisi meskipun berukuran mini.

Kemudian, hal yang tidak boleh terlewatkan juga adalah pelayanan kepada para konsumen yang harus bisa puas setelah mereka meninggalkan warung Anda. Jangan sampai membuat pengunjung merasa kapok dengan pelayanan Anda yang menjengkelkan sehingga menjadi tidak kembali karena hal sepele.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: