Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesan Tiket Online Lewat Speaker Pintar Alexa

Pesan Tiket Online Lewat Speaker Pintar Alexa Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cleartrip, online travel agent (OTA) untuk pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan hotel di India, menggandeng speaker pintar milik Amazon, Alexa. Ini memungkinan customer bisa lebih nyaman dalam memilih tiket termurah di Cleartrip hanya dengan suara melalui speaker pintar Alexa. Cleartrip menjadi satu-satunya perusahaan OTA di India yang memiliki fitur pencarian suara sehingga semakin memudahkan customer. 

Penambahan fitur pencarian suara sendiri mempertimbangkan keinginan customer yang selalu ingin bisa memesan tiket secara instan di tengah kesibukan mereka. Apalagi bagi pelancong milenial, mereka tidak ingin terbatas pada pilihan paket wisata yang disediakan oleh agen travel semata. Untuk itu, perusahaan menambahkan pencarian suara demi memanjakan customer dan juga memperluas jangkauan pencarian. 

Pada intinya, perusahaan menggabungkan 2 jenis teknologi, yakni teknologi direct consumer facing seperti suara dan chat serta teknolgi consumer experience seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Pembelajaran mesin sangat membantu dalam hal pengumpulan informasi bagi customer pada level makro lewat jejak pencarian pemesanan sebelumnya. Misalnya di musim panas, mesin akan menyarankan pilihan travel yang sama bagi pelancong (yang memiliki anak kecil) di wilayah yang sama.

Teknologi lain yang tak kalah penting adalah kecerdasan buatan yang bisa membuat prediksi harga dengan tingkat akurasi medium. Ini bisa membantu pelancong untuk menghemat biaya, khususnya pada tiket pesawat yang bisa berubah-ubah dalam sekejap. Dengan hadirnya Alexa di Cleartrip, menjadi diferensiasi yang kuat yang membuat customer akan memiliki pengalaman berbeda dalam memesan tiket secara daring (online).

Tidak luput dari perhatian, bagi negara dengan jaringan internet yang belum merata, seperti India, Cleartrip memastikan customer bisa menampilkan gambar di ponsel pintarnya dengan cepat meski hanya dengan jairngan 2G. Perusahaan juga menyematkan fitur tag atau penanda, yang menginformasikan fasilitas atau layanan tertentu yang tersedia di maskapai atau hotel tertentu. Misalnya ketersediaan wifi, berapa maksimum muatan koper yang diperbolehkan, atau kapan terakhir kali jadwal keberangkatan kereta sehingga customer diarahkan pada pemesanan tiket yang paling sesuai dengan kondisi perjalanan mereka. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: