Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

7 Hal Ini Bisa Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

7 Hal Ini Bisa Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Kredit Foto: Antara/R. Rekotomo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebelum menjadi entrepreneur, seseorang dituntut untuk memiliki jiwa entrepreneurship. Peter Drucker, seorang pemikir manajemen Amerika Serikat, menyatakan bahwa yang dimaksud entrepreneurship adalah aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna mengonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan.  

Sementara Peggy A. Lambing dan Charles R. Kuehl dalam bukunya menyatakan bahwa entrepreneurship adalah tindakan kreatif yang membangun suatu value dari suatu yang tidak ada. Entrepreneurship merupakan proses untuk menangkap dan mewujudkan peluang terlepas dari sumber daya yang ada serta membutuhkan keberanian untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan. 

Siapa pun tentu ingin menjadi wirausahawan atau entrepreneur sukses. Namun, seringkali yang serius menjalankannya hanya segelintir orang. Hambatan bisnis pun kerap datang dari diri seorang calon entrepreneur. Maka, untuk membangun sebuah bisnis dan mewujudkan impian menjadi entrepreneur sukses, seseorang harus lebih dulu menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

Berikut ini ialah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship, seperti dikutip dari Jurnal.id.

1. Memulai Bisnis dengan Niat dan Keyakinan

Ini termasuk kunci dasar yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Bagaimana tidak? Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi membangun sebuah bisnis. Jika sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan untuk membangun bisnis menjadi nyata dan meraih sukses.

2. Memiliki Kecepatan Melihat Peluang

Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari. Bila perlu, pergi untuk melakukan perjalanan sekadar mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. 

3. Pelajari Kisah Sukses Orang Lain

Ada banyak kisah pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun, dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis ini dapat menumbuhkan motivasi untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri dari ketakutan dan risiko yang akan dihadapi. Motivasi yang tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship

4. Modal

Kebanyakan orang ragu untuk memulai bisnis karena tidak ada modal (uang). Untuk mengatasi hal ini, mencari modal menjadi suatu keharusan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan bekerja terlebih dahulu. Kerja pun harus serius. Kerjakan beberapa hal lain dalam pekerjaan. Selain menambah pemasukan, juga menambah pengalaman dalam dunia kerja. Modal juga bisa didapatkan dengan cara meminjam ke bank ataupun pihak lain. 

5. Fokus dalam Berwirausaha

Banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi dalam memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu, sikap fokus yang dibarengi keyakinan dan optimis wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur agar tidak mudah menyerah dan berhenti di tengah jalan.

6. Memiliki Kemampuan Menjual

Hal ini sangat penting dimiliki oleh calon entrepreneur. Bila tidak, semua hanya tinggal angan-angan. Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu.

7. Lakukan Sekarang Juga

Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya sehingga impiannya untuk memiliki bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya. Seorang calon entrepreneur sukses harus memiliki keberanian untuk take action dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya serta langsung terjun ke dalam bisnis yang direncanakannya. Jika telah memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa entrepreneurship akan terbentuk.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: