Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lakukan Cara Ini untuk Tingkatkan Daya Saing UKM

Lakukan Cara Ini untuk Tingkatkan Daya Saing UKM Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

UKM merasa perlu untuk meningkatkan kualitas dan daya saing karena melihat ketatnya persaingan bisnis di era pasar bebas saat ini . Melawan banyak produk, baik lokal maupun global, tentu bukan hal yang mudah. Di samping harus tetap menjaga stabilitas usaha, UKM juga perlu mengantisipasi kehadiran produk-produk baru.

Bagi pelaku UKM, sudah saatnya Anda bangkit dan bersiap untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin sengit.

Ahli e-commerce dari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Muhammad Rosihan, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha untuk dapat meningkatkan daya saing, sebagai berikut:

1. Konsisten Terhadap Jenis Produk

Jika ingin serius berbisnis, mulailah untuk fokus dan konsisten pada sebuah produk yang sudah memiliki pasar. Terlalu banyak menjual produk dalam satu ruang akan membuat calon konsumen tidak yakin dengan Anda. Mereka akan berpikir bahwa Anda tidak benar-benar serius menjual sebuah produk sehingga kualitas produk pun diragukan.

Dengan memfokuskan dan selalu mengembangkan kualitas menjadi lebih baik akan membuat konsumen yakin terhadap Anda. Pertahankan, dan kembangkan.

2. Masuk ke Satu Segmen Pasar

Ketika sudah mendapatkan pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar. Jangan terlalu serakah untuk mengambil semua segmen, seolah produk Anda akan diminati semua kalangan. Tentukan segmen pasar dan fokuslah pada kebutuhan pasar Anda.

Dalam proses mengembangkan sebuah UKM terkadang tidak perlu muluk-muluk, namun dibutuhkan inovasi dari setiap kualitas serta konsistensi pada satu segmen pasar.

3. Amati Tingkat Persaingan

Ketika usaha sudah berjalan lancar, jangan berpikir bahwa usaha yang dijalankan akan terus stabil. Anda harus rajin melakukan survei tentang kebutuhan pasar dan kondisi persaingan bisnis. Sebab di saat bisnis sedang naik, tidak menutup kemungkinan persaingan bisnis datang bertubi-tubi. Dalam fase inilah inovasi dan kreativitas Anda dibutuhkan.

4. Tingkatkan Kualitas Produk

Akan selalu ada produk yang lebih baik dan terbaru dibandingkan produk Anda. Ini yang harus Anda ingat. Maka bersiaplah untuk kenyataan pahit ini dengan terus berinovasi dan konsisten dengan produk dan pelayanan yang baik. Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan agar pelanggan Anda tidak berpindah ke kompetitor. Di sisi lain pelanggan baru akan terus berdatangan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: