Jangan Habiskan Dana Anda untuk Peluncuran Startup. Begini 4 Cara Mengaturnya!
Saat peluncuran startup, pendirinya tentu akan rela membuang uang sebanyak-banyaknya untuk mempercepat proses peluncurannya. Sebenarnya, Anda harus memiliki investasi untuk hak paten, kekayaan intelektual, merek dagang, hak cipta, konten dan produk. Itu berarti selama proses dan perjalanan itu, Anda harus dirinci dalam rencana dan anggaran.
Begini cara yang dapat Anda lakukan agar peluncuran startup Anda tidak memakan biaya yang membengkak:
1. Rencanakan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah suatu barang tersebut merupakan asset atau liabilitas. Dengan begitu Anda dapat menentukan kapan Anda harus mengambil, dan kapan harus membelanjakannya, dan ketika Anda membelanjakannya, berapa banyak yang harus Anda keluarkan.
2. Penelitian dan Desain Itu Penting
Hal yang umum bahwa startup banyak menghabiskan waktu untuk penelitian dan desain, terutama riset dan desain pemikiran ke depan dalam kategori produk mereka, mengungguli laba setiap merek lain dalam kategori mereka adalah keinginan setiap startup. Setiap merek lain dalam kategori mereka memiliki nilai kurang baik di pasar maupun dalam penjualan. Saat Anda membangun merek Anda, bandingkan diri Anda dengan merek yang lebih besar dalam kategori Anda. Jika Anda bersaing di pasar dengan Apple misalnya, maka Anda harus menghabiskan jumlah yang cukup curam untuk riset dan desain.
3. Terapkan Aturan Dua Persen
Anda tidak boleh menghabiskan lebih dari dua persen uang Anda untuk biaya properti intelektual seperti paten dan merek dagang. Jika tugas riset dan desain Anda adalah produk dan perlu melakukan model, perancang staf (di rumah atau di luar), Anda harus mempertimbangkan penggandaan itu, dan datang dengan biaya keseluruhan di bawah lima persen. Pilihannya apakah itu mempekerjakan desainer, memiliki staf di-rumah, pengacara, biaya hukum untuk mengajukan paten, mengajukan hak cipta, mengajukan merek dagang, dan lain sebagainya. Mereka semua termasuk dalam dua hingga lima persen.
4. Penjualan dan Anggaran Tumbuh Bersama
Seiring pertumbuhan penjualan Anda tentu Anda pun ingin anggaran itu tumbuh juga. Karena dengan begitu Anda mengetahui bahwa Anda memahami keadaan pasar Anda, dan penelitian pada kategori startup berjalan dengan baik. Rencanakan semuanya sedetail mungkin, jika Anda mencapai lebih dari dua puluh persen dari keseluruhan anggaran Anda untuk penelitian dan desain, pemodelan, pembuatan prototipe, paten, dan pengarsipan, tanpa pertumbuhan pendapatan penjualan sudah terjadi, Anda telah kelebihan belanja dan kemungkinan akan kehabisan uang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: