Ketika Sara Sutton memulai mendirikan FlexJobs pada 2007, ia memiliki pengalaman bekerja dari jarak jauh, tetapi tidak pernah di perusahaan yang sepenuhnya terpencil dan tidak pernah membangunnya dari nol.
Namun, dengan misi FlexJobs adalah untuk membantu orang menemukan pekerjaan yang fleksibel, Sutton ingin menciptakan perusahaan dalam model apa yang dirinya bayangkan. Ia ingin membangun perusahaan yang mampu bekerja dengan fleksibel.
Saat itu, beberapa perusahaan yang sepenuhnya terpencil ada, dan hampir tidak ada yang membahas "bagaimana cara" membangun perusahaan jarak jauh. Saat ini, ada ratusan perusahaan yang sepenuhnya terpencil, dan ribuan perusahaan dengan tim dan pekerja yang jauh. Tapi tetap saja, tidak ada banyak diskusi tentang bagaimana mereka melakukannya, atau mengapa mereka memilih untuk melakukan itu.
Ternyata ada tiga cara untuk menciptakan perusahaan jarak jauh yang sukses. Begini cara mereka mendirikannya:
Memulai perusahaan jarak jauh dari awal
Sebagian besar perusahaan yang didirikan sebagai perusahaan terpencil melakukannya karena salah satu dari tiga alasan: sebagai ukuran penghematan biaya (mengurangi biaya dari overhead, perekrutan, dll.); karena para pendiri memiliki pekerjaan jarak jauh yang sangat tertarik; atau sederhananya, hal semacam itu terjadi begitu saja.
Amie O'Shaughnessy, CEO perusahaan perencanaan perjalanan keluarga Ciao Bambino! mengatakan, bekerja jarak jauh adalah "penting" untuk model bisnis perusahaan, baik pusat dari misinya dan hemat biaya. Sepenuhnya jauh dari hari pertama, Ciao Bambino! memiliki misi dan model bisnis yang berfokus pada keluarga.
Mengganti perusahaan ke jarak jauh
Beberapa perusahaan beralih dari kantor-kantor tradisional menjadi bekerja dari jarak jauh, dan mereka semua mengutip salah satu alasan berikut untuk melakukannya, karena industri itu sedang trending, untuk melayani klien dengan lebih baik atau mendukung misi perusahaan, untuk bebas dari kendala seperti biaya operasi kantor, buang waktu dari perjalanan dan lokasi karyawan baru.
Anthony Thomas, CEO perusahaan stiker, mengatakan bahwa ketika perusahaan berkembang, mereka mulai mempekerjakan pekerja jarak jauh karena mereka terus mencari bakat di luar wilayah geografis mereka. "Orang-orang ini jarang lokal tetapi biasanya jelas mereka akan membuat tambahan yang bagus sehingga kami tidak menekankan lokasi mereka," kata Thomas, "setelah beberapa saat, menjadi hal yang biasa bagi tim kami untuk menjadi jauh."
Membuat tim jarak jauh di dalam perusahaan tradisional
Ini juga memungkinkan untuk membuat tim yang jauh atau terdistribusi dalam perusahaan biasa pada umumnya. Perusahaan-perusahaan ini memiliki mayoritas orang yang bekerja di kantor-kantor tradisional, tetapi tim khusus dirancang untuk bekerja dari jarak jauh. Itu sering merupakan akibat dari cara berevolusi untuk melayani pelanggan dengan cara terbaik.
American Express, sebuah perusahaan dengan sejarah 165 tahun, memeluk pekerjaan jarak jauh ketika bisnisnya berkembang. Victor Ingalls, VP of World Service, mengatakan bahwa perusahaan perlu menemukan cara baru untuk "memberikan pelanggan kami layanan superior yang mereka harapkan dari American Express." Itu berarti upaya bersama untuk memperluas kerja jarak jauh untuk tim layanan teleponnya tentang Lima tahun yang lalu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: