Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Lakukan Ekspansi Bisnis

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Lakukan Ekspansi Bisnis Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak mudah untuk mengembangkan bisnis apa pun dan ada beberapa tantangan saat melakukannya. Apakah Anda membuka toko baru, outlet, mengambil klien baru atau mencari cara lain untuk mengembangkan produk atau layanan Anda, akan ada beberapa tekanan yang datang menghampiri Anda.

Ekspansi juga merupakan langkah logis berikutnya ketika Anda merasa seperti Anda telah mencapai apa yang Anda tuju dalam posisi Anda saat ini. Sudah saatnya bagi Anda untuk mengambil hal-hal baru. Setiap rencana ekspansi memerlukan perencanaan yang tepat.

Jika Anda memutuskan untuk melompat lebih dulu ke dalam ekspansi tanpa benar-benar mempertimbangkan bagaimana Anda melakukannya, kemungkinan itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada bisnis Anda.

Ada banyak aspek ekspansi yang berbeda. Ini bisa berarti membuka lokasi baru, atau pindah ke yang lebih besar, atau bahkan mempekerjakan karyawan pertama Anda. Tetapi ada banyak parameter yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda benar-benar berpikir untuk memperluas bisnis Anda. Berikut adalah beberapa langkah penting sebelum memikirkan ekspansi:

1. Buat produk Anda siap untuk pasar

Langkah pertama untuk ekspansi bisnis adalah menyiapkan produk Anda dengan benar untuk menghadapi pasar. Sebelum Anda memikirkan ekspansi, pastikan lini produk Anda saat ini solid. Sangat penting untuk memiliki fondasi yang kuat sebelum Anda berkembang.

2. Berikan pemikiran yang hati-hati pada harga

Sebelum mempertimbangkan ekspansi, sangat penting untuk memikirkan harga produk Anda. Banyak pengusaha berpikir mereka bisa sukses dengan menawarkan harga murah. Tapi itu tidak selalu menjadi masalah.

Penetapan harga merupakan inti dari setiap bisnis. Itu memengaruhi semua yang Anda lakukan dan semua keputusan bisnis yang Anda ambil. Penawaran dan permintaan adalah faktor kunci di balik harga dan pengusaha sukses dapat memanipulasi permintaan dengan membuat produk mereka lebih diinginkan. Anda harus ingat bahwa kisaran harga yang tepat harus berada di antara biaya dan nilai yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Harga Anda harus lebih mendekati nilai dari apa yang Anda jual. Untuk memutuskan harga, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti kebutuhan pelanggan, nilai yang Anda tawarkan, kekuatan dan kelemahan kompetitif, dll.

3. Dapatkan produk siap untuk mitra

Langkah ketiga adalah memastikan produk siap untuk pemegang waralaba atau mitra atau siapa pun yang Anda luaskan. Bagi banyak pemilik bisnis, waralaba dapat terlihat seperti pilihan ideal untuk ekspansi bisnis karena mereka bertanggung jawab atas investasi di lokasi pembukaan.

4. Pastikan bahwa produk Anda universal

Jika Anda berencana untuk memperluas, penting untuk Anda ketahui bahwa produk Anda cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan setiap pasar yang masuk ke dalamnya. Untuk ini, produk Anda harus memiliki beberapa fitur universal.

Ada kemungkinan bahwa pada awalnya ketika Anda meluncurkannya, itu khusus untuk pasar di mana ia diperkenalkan. Tetapi ketika Anda berencana untuk memperluasnya ke pasar lain, perlu memiliki daya tarik yang jauh lebih besar. Anda harus memastikan bahwa orang-orang menyukai produk Anda di pasar lain juga. Bahkan jika ada waralaba, cabang, atau mitra, produk Anda harus memiliki keseragaman dan fitur di semua jenis pasar agar menonjol.

5. Pikirkan tentang penetapan biaya dan hilangkan perantara

Setelah Anda menyelesaikan survei pasar dan peluncuran uji coba, Anda kemudian pindah ke bagian biaya. Dalam hal ini, faktor yang sangat penting adalah menghilangkan perantara. Jika diperlukan Anda bisa pergi ke sumber manufaktur dan mulai melakukan proses sendiri.

Lebih baik menangani seluruh proses sendiri daripada melibatkan perantara. Tentu saja, Anda harus menunggu untuk mengambil manufaktur sampai Anda benar-benar memiliki permintaan yang cukup dan jumlah yang kuat. Fokus utama Anda adalah harga terendah yang dapat dicapai pada investasi terakhir.

6. Pertimbangkan pindah ke lokasi yang lebih dekat

Lokasi merupakan pertimbangan yang sangat penting sambil memikirkan tentang ekspansi bisnis. Itu selalu lebih baik untuk memperluas ke lokasi yang lebih dekat. Jika Anda melakukannya, bahkan ketika Anda mengambil lompatan besar, Anda tidak kehilangan kendali atas situasi dan pasar.

Anda memiliki kendali atas kualitas, penjualan dll karena Anda tahu pro dan kontra produk Anda. Anda bahkan memiliki pengetahuan yang cukup baik dari para dealer. Di mana pun Anda memperluas harus dapat dijangkau untuk Anda, jika tidak, ada kemungkinan bahwa produk Anda mungkin tidak berhasil.

Ekspansi bisnis adalah keputusan besar bagi setiap pengusaha dengan bisnis yang kecil ataupun besar. Ini berarti perubahan, diversifikasi, dan volume yang jauh lebih besar. Anda dapat memutuskan waktu terbaik untuk ekspansi setelah mempertimbangkan semua faktor yang disebutkan di atas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: