Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

4 Tips Branding untuk Seorang Pengusaha Tanpa Anggaran

4 Tips Branding untuk Seorang Pengusaha Tanpa Anggaran Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pikirkan branding seperti Anda akan bertemu seseorang di kencan buta. Anda berpakaian untuk membuat kesan tertentu. Anda berkomunikasi dengan cara yang membuat orang lain tertarik untuk mengetahui lebih banyak hal dari diri Anda. Dan, jika semuanya berjalan lancar, Anda dapat mendorong jalan Anda menuju kencan kedua.

Ini juga merupakan jantung dari branding, karena dengan branding, Anda memberi seseorang pengalaman dari perusahaan Anda yang menetapkan gambaran yang jelas tentang siapa Anda dan pada akhirnya melibatkan pelanggan untuk membeli barang dan jasa Anda.

Banyak pengusaha yang mengabaikan branding karena mereka menganggapnya terlalu mahal atau tidak berpikir bahwa mereka akan membutuhkannya sampai mereka mencapai titik pertumbuhan tertentu. Sebenarnya, bagaimanapun, bahwa semakin lama Anda menunggu untuk meluncurkan brand, semakin banyak kebingungan yang akan Anda ciptakan di pasar.

Jadi, sebagai gantinya, mulailah dengan dasar-dasar dan gunakan banyak alat branding gratis atau murah yang tidak akan merusak anggaran Anda.

Buat panduan gaya brand

Panduan gaya brand atau merek menetapkan pedoman yang menentukan merek Anda dan itu akan dibagikan ke pasar. Mirip dengan rencana pemasaran, panduan gaya memastikan kehadiran perusahaan yang konsisten di setiap keterlibatan sehingga merek Anda menjadi dapat dikenali oleh pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Panduan gaya merek dapat menjadi rumit atau terbatas seperti yang Anda pilih, dan untuk sebagian besar bisnis kecil dan startup harus mencakup: misi dan visi, analisis kompetitif, target audiens, pedoman kreatif, dan suara.

Menetapkan panduan gaya merek Anda membutuhkan waktu dan upaya, tetapi tidak ada uang yang harus Anda keluarkan kecuali Anda memilih untuk menyewa konsultan.

Rancang logo Anda

Desain logo dengan menggunakan panduan gaya merek Anda. Logo Anda akan muncul dalam segala hal, mulai dari kartu nama hingga situs web Anda, sehingga perlu secara visual merangkum merek Anda. Anda dapat memanfaatkan situs web terpercaya sebagai referensi.

Sebelum mulai mendesain logo, pelajari logo dari pesaing bisnis Anda. Identifikasi elemen yang Anda sukai, dan yang tidak Anda sukai, dan rancang logo yang paling mewakili merek Anda dan akan menarik bagi audiens target Anda.

Luncurkan situs web Anda

Setiap bisnis membutuhkan situs web.  Mengapa? Sebuah studi baru-baru ini oleh Deloitte menemukan bahwa bisnis kecil dengan kehadiran digital yang kuat menghasilkan pendapatan dua kali lipat lebih banyak per karyawan daripada mereka yang tidak memilikinya. Situs web menghasilkan penjualan, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan menyediakan kehadiran pemasaran online 24/7, yang mendukung pertumbuhan perusahaan.

Manfaatkan medsos

Situs media sosial bebas digunakan dan merupakan salah satu cara yang hebat untuk membangun merek Anda. Ya, Anda dapat membayar untuk menjalankan iklan dan mengakses analitik tingkat tinggi, tetapi Anda tidak harus selalu mulai dari sana. Pengambilan media sosial yang efektif membutuhkan kehadiran yang profesional dan konsisten. Mulailah dengan melakukan penelitian untuk menentukan saluran media sosial mana yang paling mungkin mencapai target pasar dan influencer industri Anda.

Merek Anda adalah fondasi dari bisnis Anda. tetapi Anda tidak perlu menghabiskan jumlah uang yang menakjubkan untuk membangun dan mendukungnya. Panduan gaya merek harus menginformasikan setiap aspek keterlibatan profesional Anda, dari logo Anda ke blog Anda, untuk secara jelas dan konsisten mengomunikasikan siapa Anda kepada audiens target Anda. Merek yang kuat akan memberikan pengembalian finansial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: