Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh!

Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh! Kredit Foto: Unsplash/Brooke Cagle
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bukan hal yang baru lagi di mata masyarakat menyaksikan maraknya belanja online di Indonesia. Utamanya di kalangan millenial. Berburu barang kebutuhan secara online rasanya sudah menjadi fenomena yang biasa.

Dengan didukungnya pertumbuhan e-commerce yang pesat, berbelanja online saat ini menjadi begitu mudah sehingga diminati.

Seperti hasil riset dari Markplus.Inc, terhadap 1.200 responden, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat millenial begitu mencintai kegiatan berbelanja online. Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Irfan Setiawan, mengatakan, responden dari risetnya ini dilakukan pada millenial dengan rentang usia 19 hingga 35 tahun, dan berasal dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

Berikut ulasannya, kenapa millenial gemar belanja online:

1. Banyak Promo

Siapa yang tidak tergiur dengan 'promo'? Para pelaku e-commerce di Indonesia senang sekali mengadakan promo untuk mereka yang gemar berbelanja online, dan ini berhasil menarik minat millenial sehingga banyaknya promo dijadikan salah satu alasan kenapa mereka senang belanja online.

Promosi seperti flash sale, gratis ongkir (ongkos kirim), buy one get one, sampai penukaran poin atau reward dengan hadiah atau mendapat potongan harga.

2. Harga Murah

Alasan lainnya yang membuat millenial gemar belanja online adalah harga barang yang dijual di online lebih murah jika dibandingkan barang yang dijual di toko ritel atau pusat perbelanjaan.

Kenapa harga di online lebih murah, ya? Itu ternyata karena rantai perdagangan pada e-commerce sangatlah minim. Barang yang mereka jual biasanya langsung mereka dapatkan dari produsen atau prabik atau distributor pertama. Itu dia yang menyebabkan selisih harga produk di toko online lebih murah.

3. Reputasi Baik

Selanjutnya, reputasi baik e-commerce juga menjadi salah satu alasan bagi millenial, lho. Hal itu membuat konsumen semakin percaya dan yakin bahwa sistem pada e-commerce dan transaksi konsumen tersebut aman hingga data pribadi konsumen terjaga.

4. Metode Pembayaran Beragam

Faktor keempat adalah banyaknya pilihan metode pembayaran pada e-commerce. Konsumen dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan sesuai dengan rekening bank yang mereka miliki, atau mereka juga dimudahkan dengan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit, cicilan nol persen, cash on delivery, hingga pembayaran melalui gerai minimarket.

5. Pengiriman Barang Cepat

Faktor yang terakhir, waktu pengiriman barang yang relatif cepat membuat konsumen nyaman berbelanja online.

Pilihan jasa kurir yang beragam dan konsumen juga bisa memantau waktu pengiriman atau proses status barang yang mereka pesan.

Saat ini pun e-commerce juga telah menyediakan pengiriman dalam satu hari atau same day yang bekerja sama dengan penyelenggara transportasi online Gojek dan Grab.

Kefleksibelitasan yang konsumen dapatkan membuat mereka rela menghabiskan uang untuk belanja online. Mereka tidak perlu repot-repot mencari barang yang diinginkan, cukup dengan duduk manis mencari barang dengan gawai melalui aplikasi toko online, pilih barang, pilih jasa kurir, pilih metode pembayaran sesuai keinginan, tinggal tunggu deh! Barang akan mendarat sempurna di tangan konsumen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: