Sayang Sekali, Ini Alasan Pengusaha Belum Kembangkan Bisnis Secara Online
Ketika Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis, tentu target pelanggan menjadi tujuan utama Anda. Anda mengharapkan pelanggan yang Anda tuju dapat melihat bisnis yang sudah Anda bangun. Melalui kecanggihan online, e-commerce, saat ini, Anda dapat memanfaatkan untuk pengembangan bisnis sehingga pelanggan mudah menjangkaunya.
Oleh karena itu, kemampuan pemasaran dan perolehan prospek Anda melalui internet dan media sosial juga sangat penting. Ada korelasi langsung antara pasar online Anda dengan pertumbuhan pendapatan Anda.
Tetapi, meskipun peluang bisnis online cukup besar, ada saja pengusaha yang enggan mengembangkan bisnisnya melalui kekuatan online. Ada beberapa alasan yang mereka berikan, kenapa tidak mengembangkan bisnisnya melalui online, menurut survei Entrepreneur.com:
Tidak Cukupnya Platform
Bukan hanya platform online yang harus Anda persiapkan untuk mengembangkan bisnis secara online. Anda harus memiliki akses pelanggan yang mampu menjangkau platform Anda secara cukup.
Anda harus memanfaatkan media sosial untuk mencapai target pembeli dan Anda pun harus membuat dua kali jumlah upaya untuk membangun audiens yang melihatnya.
Banyak yang Harus Dipikirkan
Hal baiknya adalah kita hidup dalam waktu yang memungkinkan untuk membangun audiens dengan berbagai cara dengan jauh lebih mudah daripada di masa lalu. Anda dapat membangun dan memberi diri Anda pilihan. Jangan terlalu fokus pada membangun platform, produk, atau layanan Anda dengan biaya yang tinggi. Anda juga harus memperhitungkan target yang akan melihat pemasaran bisnis Anda.
Anda dapat menggunakan semua jalan dan lebih banyak lagi untuk membangun pelanggan setia yang akhirnya membeli produk dan layanan Anda. Masih banyak lagi. Pertumbuhan eksplosif terjadi ketika audiens Anda membangun dan merespons pemasaran yang Anda bangun.
Anda dapat mengembangkan bisnis dengan ide yang bagus. Kemudian, bangun situs web Anda, kehadiran media sosial, atau lokasi fisik. Setelah elemen-elemen dasar tersebut, inilah saatnya untuk fokus membangun sekelompok orang yang selaras dengan apa yang Anda jual. Dan kelompok itu harus mendaftar di email Anda, sebagai database, mengonsumsi situs web Anda, dan mengikuti Anda di media sosial. Begitulah cara Anda menumbuhkan penonton yang berubah menjadi pelanggan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: