Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini

Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini Kredit Foto: Theguardian.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Belum lama ini, Nike menayangkan iklan Colin Kaepernick saat penurunan stok melanda mereka. Nike mendapat kecaman dari penggemar ketika menayangkan iklan ini, namun tidak sedikit pula yang memuji dan tetap memberikan support untuk merek ini.

Dalam iklan yang ramai dibicarakan ini, Nike berusaha sepenuhnya untuk mendapatkan hati dari masyarakat. Semua jerih payah dalam proses pengiklanan ini tidak sia-sia. Nike mampu menaikkan sahamnya 36 persen, menambahkan $ 6 miliar ke nilai keseluruhannya, dan membantu Nike menjual perlengkapannya di seluruh negeri.

Ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencontoh Nike, bangkit melalui promosi iklan:

1. Jadilah berani dan ambil risiko

Ketika Nike memutuskan untuk bermitra dengan Kaepernick, itu adalah keputusan yang berani. Dengan kata lain, Nike menggunakan jenis pemasaran yang akan mengusir beberapa penggemar, mendorong banyak pemirsa, berpotensi menghasut kemarahan dan juga membuat pernyataan yang akan menarik demografis khusus penggemar yang sudah mendarah daging dengan merek Nike.

Sebagai bisnis, kapan pun Anda ingin menarik orang lebih dekat, Anda mungkin harus berani, mengambil risiko, dan bersedia mendorong sebagian penggemar Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melampirkan bisnis dan pemasaran Anda ke suatu tujuan.

2. Ambil sikap dan beri tahu dunia

Ketika Nike menggunakan Kaepernick dalam kampanye baru-baru ini, merek itu dengan jelas mengatakan kepada dunia, "Kami berdiri bersama Colin." Dengan satu iklan, Nike memutuskan untuk menggambar garis di pasir dan berkata, "Di sinilah kita berdiri. Jika Anda tidak menyukainya, kami bersedia kehilangan Anda.”

Pemasaran semacam ini memang membutuhkan risiko dan menuntut Anda berdiri untuk sesuatu yang membuat polarisasi dan membuat penggemar Anda memutuskan apakah mereka berdiri dengan Anda dan alasan yang Anda perjuangkan.

3. Bersedia kehilangan pelanggan

Jika Anda takut kehilangan pelanggan yang sudah setia dengan Anda selama ini, Anda tidak akan pernah bisa menambah mereka dalam jumlah yang lebih banyak dari yang sekarang.

Ingat, pelanggan yang setia tidak akan beralih ke merek lain dan akan terus mendukung merek Anda selama merek Anda tidak berubah semakin buruk.

Ketika merek Anda memiliki misi yang lebih besar daripada sekadar menghasilkan uang, bersedia mengambil sikap dan bersedia kehilangan pelanggan, Anda memiliki potensi untuk menarik basis penggemar yang kuat yang akan berinvestasi dalam produk dan layanan Anda. Ini mendorong Anda untuk menjadi lebih dari sekadar membeli barang; itu membuat Anda menjadi landasan yang berdiri dalam aliansi dengan serangkaian keyakinan. Dan itulah hal-hal yang memenangkan penggemar berat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: