Selama 8 tahun terakhir menjalankan bisnis layanan offpurna B2B (Bisnis to Bisnis), banyak pasang surut dan arus yang terjadi, satu hal yang tetap tidak berubah adalah pembelajaran praktis melalui berbagai tantangan kewirausahaan. Melihat ke belakang, ada banyak hal yang dapat dilakukan seseorang secara berbeda yang akan menyelamatkan Enterprise banyak waktu dan kesedihan.
Berikut lima kiat teratas yang dapat membantu calon wirausaha berencana meluncurkan layanan awal B2B:
Menjadi 'Setengah Pengusaha'
Banyak calon wirausaha meninggalkan pekerjaan mereka sementara mereka masih mencari tahu "mengapa, apa dan kapan" untuk memulai usaha tersebut. Meskipun telah mendengar banyak alasan untuk keluarnya dari fase ini, salah satu yang paling umum adalah 'Saya tidak dapat fokus pada ide saat saya masih bekerja'. Lucunya, kita telah melihat orang yang sama berjuang untuk menemukan pekerjaan yang cukup untuk hari ketika mereka benar-benar meninggalkan pekerjaan.
Para pengusaha yang bercita-cita perlu melakukan introspeksi jika seluruh perencanaan dan pengujian pasar dari ide tersebut dapat dilakukan ketika masih digunakan, bahkan lebih baik jika Anda dapat menemukan pelanggan yang sulit dipahami pertama sebelum Anda benar-benar memulai.
Itulah yang bisa disebut "Setengah Pengusaha". Bisnis Layanan B2B secara inheren bekerja bisnis yang berorientasi modal, yang didasarkan pada 'pendapatan' nyata daripada penilaian. Oleh karena itu, sangat penting bahwa Anda membangun dan mempersiapkan mental Anda.
Aktifkan Jaringan
Selama tahap awal dari permulaan layanan B2B, pelanggan Anda bertaruh pada wirausaha alih-alih perusahaan. Banyak pengusaha layanan B2B yang mengalami ketidakpercayaan dari pelanggan mereka. Kemampuan diri untuk menyelesaikan pekerjaan juga diragukan oleh pelanggan.
Pembelajaran utama di sini adalah bahwa Anda harus mulai mengaktifkan jaringan Anda sebelum Anda memulai dan jangan malu untuk meminta peluang.
Memanfaatkan mitra
Harap diingat bahwa referensi Anda sendiri akan segera habis. Jika Anda berhasil berlayar melewati arus panas saat masa kecil perusahaan, Anda akan mengalami stagnasi setelah semuanya menjadi tenang. Sebagai perusahaan muda, Anda jarang memiliki dana untuk diinvestasikan dalam tim penjualan multinasional, bahkan jika Anda menemukan cara untuk mendanainya, sangat sulit untuk meyakinkan pelanggan baru untuk mempercayai perusahaan yang relatif muda.
Tantangan ini dapat diatasi dengan membangun jaringan mitra yang kecil, namun kuat yang sudah memiliki koneksi yang diperlukan dan kepercayaan dengan calon pelanggan Anda. Ini dapat berupa freelancer/konsultan atau perusahaan produksi yang menyediakan layanan pelengkap dan dapat memperoleh manfaat dari komisi tambahan atau pembagian pendapatan untuk bermitra dengan Anda.
Kiat-kiat ini memberi pengusaha layanan B2B Aspiring perspektif pragmatis tentang menghadapi beberapa tantangan umum.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: