Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terapkan E-Ticketing, Perum Damri Gaet Telkom Indonesia

Terapkan E-Ticketing, Perum Damri Gaet Telkom Indonesia Perum Damri dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan E-Ticketing Damri rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11/2018). | Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua perusahaan pelat merah yang berbeda sektor, Perum Damri dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan E-Ticketing Damri rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Peluncuran E-Ticketing dilaksanakan oleh Direktur Utama Perum Damri, Setia N Milatia Moemin dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Dian Rachmawan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal layanan E-Ticketing Damri pada angkutan bandara yang dilaksanakan oleh Telkom dan Perum Damri pada Juli lalu.

Setia N Milatia Moemin mengatakan bahwa hal ini untuk melaksanakan transformasi digital guna memberikan pelayanan yang berkualitas prima dan berorientasi kepada pelanggan. Lanjut Setia, adanya sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket Bus Damri. Di sisi lain, juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

"Kami berharap masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan Bandara Soekarno–Hatta (Soetta) untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem E-Ticketing," jelas Setia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Sementara Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, Telkom Group menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem E-Ticketing ini.

"Telkom Group mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional E-Ticketing Damri. Untuk mendapatkan prepaid ticket, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-Money atau menggunakan channel pembayaran Internet Payment Gateway (IPG), seperti T-Cash," jelas Dian.

Adapun pemanfaatan teknologi E-Ticketing, meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system (integrated to ticketing system, dan integrated gateway system).

Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya, yaitu Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi nontunai oleh masyarakat guna mewujudkan cashless society.

Setia menegaskan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi ini juga merupakan upaya Perum Damri guna mencapai visi, Menjadi Perusahaan Transportasi Kelas Dunia yang Andal, Berkinerja Unggul dan Berkelanjutan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: