'Ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang-orang Roma' menjadi pepatah populer. Garis yang tidak berbahaya ini mengatakan banyak tentang bagaimana seseorang bisa mengembangkan pola pikir kemenangan saat bekerja di negara asing. Dengan kemajuan teknologi, dunia memang semakin kecil dan batas-batas internasional menjadi lebih mudah untuk diseberangi, namun, globalisasi tidak boleh disalahpahami sebagai pengenceran sentimen patriotik.
Sebaliknya, orang-orang di seluruh dunia kini menjadi lebih dan lebih sadar tentang bagaimana untuk melakukan diri mereka lebih baik untuk mengeluarkan kesan positif tentang bangsa mereka, budaya dan cara hidup dan orang-orang yang melakukan bisnis internasional menyadari bahwa selain dari menjadi pengusaha mereka juga duta besar negara mereka.
Pengusaha Internasional yang berhasil akan setuju bahwa salah satu hal yang telah membantu mereka dalam usaha internasional mereka adalah kenyataan bahwa mereka dapat mengubah gaya bisnis mereka saat bekerja di berbagai negara agar sesuai dengan pola pikir penduduk lokal dan pemerintah. Oleh karena itu, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi sangat penting saat bekerja di luar negeri.
Terapkan hal-hal berikut untuk membuat pelanggan di luar negeri paham tentang bisnis yang Anda dirikan itu dan mereka merasa tertarik dengannya:
Ketahui Sejarah; Menguraikan Pikiran
Sejarah suatu bangsa mengatakan banyak tentang bagaimana pola pikir dari populasi itu telah berkembang. Negara-negara seperti Rusia, misalnya, memiliki sejarah yang jauh. Negara-negara ini tidak pernah berhasil ditaklukkan dan dijajah oleh kekuatan asing (setidaknya tidak dalam sejarah yang tercatat baru-baru ini).
Napoleon Bonaparte mencoba menaklukkan Rusia dan gagal. Adolf Hitler juga mencoba hal yang sama, yang barangkali merupakan kesalahan terbesar rezim Nazi yang akhirnya mengarah pada kejatuhan mereka karena tindakan satu ini oleh Hitler menyatukan USSR dengan Sekutu.
Sejarah semacam itu menunjukkan bahwa populasi negara-negara semacam itu memberikan prioritas tinggi pada perasaan nasionalisme dan patriotisme. Pengetahuan ini dapat digunakan oleh pengusaha untuk menyesuaikan pendekatan mereka saat bekerja di negara-negara tersebut dan berurusan dengan penduduk setempat.
Mengetahui, Memahami, dan Mengikuti Hukum setempat
Ini barangkali adalah satu hal paling penting yang dapat dilakukan oleh siapa pun yang melakukan bisnis yang sukses dan legal di negara asing. Seorang pengusaha harus memahami bahwa bekerja di tanah asing adalah esensi dari bekerja di luar zona kenyamanan seseorang. Dalam keadaan seperti itu untuk menjamin keberlanjutan, penting untuk mengetahui, memahami, dan secara ketat mengikuti surat dan semangat undang-undang setempat dengan segala cara.
Terutama di negara yang sangat sadar hukum, seperti Arab Saudi, memahami dan mengikuti hukum setempat tidak hanya akan menjamin stabilitas usaha tetapi juga mendapatkan rasa hormat dari pemerintah lokal dan tenaga kerja.
Diskriminasikan dengan risiko Anda sendiri
Ketika bekerja di luar negeri, Pengusaha harus memahami bahwa mereka bergantung pada tenaga kerja asing. Banyak pengusaha membawa budaya mereka sendiri ketika bekerja di tanah asing dan mencoba memaksakan nilai-nilai mereka pada tenaga kerja lokal.
Gaya melakukan bisnis ini pasti mengarah pada stagnasi dan/atau kegagalan entitas asing. Karena itu, orang-orang multi-nasional yang sukses menjadikannya sebagai titik untuk menyerap dan mengadopsi nilai-nilai dan budaya negara tempat mereka beroperasi. Favoritisme dalam bentuk apa pun terhadap kebangsaan, kasta atau agama tertentu harus dihindari dan sangat tidak dianjurkan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: