Pelanggan adalah alasan utama bisnis berkembang. Mereka adalah kunci keberhasilan atau kegagalan bisnis makanan dan minuman, dalam bentuk apa pun. Di zaman sekarang ini, persaingan yang ketat, membuat pelanggan senang adalah langkah pertama menuju untuk tumbuhkan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Bisnis yang benar-benar peduli dengan layanan pelanggan memiliki keunggulan di atas pesaing mereka.
Selama beberapa dekade terakhir, pengalaman dan harapan pelanggan telah sangat berubah. Konsumen saat ini lebih sadar dari sebelumnya. Mereka menaruh minat besar pada makanan yang mereka makan dan nilai layanan yang mereka gunakan. Memahami lanskap yang berkembang ini dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah, sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan.
Berikut adalah empat layanan pelanggan baru yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis makanan dan minuman:
Peningkatan Makan Sehat
Konsep ‘Makan sehat’ selalu tidak pernah terkait dengan makanan restoran. Namun, persamaan ini telah melihat perubahan paradigma dalam beberapa tahun terakhir. Dari diet keto ke menu vegan, tahun lalu telah melihat langkah besar menuju pilihan makan sehat. Konsumen sadar tentang apa yang mereka makan. Ketika pelanggan mencari gaya hidup yang lebih sehat, banyak restoran yang memilih menu khusus sesuai selera dan preferensi tamu mereka.
Desain sebagai Diferensiator
Makan bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang pengalaman. Suasana memainkan peran penting dalam seluruh pengalaman makanan pelanggan. Seiring dengan pertumbuhan industri, akan ada ratusan resto-bar, pub dan restoran yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bagian dari dompet pelanggan.
Desain dan dekorasi restoran yang cantik bisa menjadi pembeda utama. Warna, jenis furnitur, peralatan makan yang digunakan semua ini harus dibuat dengan cermat untuk mempengaruhi pelanggan. Desain restoran harus membangkitkan respons positif dari pelanggan. Dari desain industri hingga dekorasi minimalis, pemilik restoran sekarang memahami dampak mendalam desain yang dapat terjadi pada pelanggan mereka.
Bahan 'Made In-House'
Melanjutkan dengan tren keseluruhan makan sehat, restoran sekarang memilih untuk membuat sebagian besar bahan mereka di rumah. Dari roti dan pasta in-house hingga menggunakan sayuran hijau dan sayuran yang ditanam di rumah, restoran mengambil langkah maju dengan menggunakan bahan-bahan segar dan bebas kimia yang disiapkan dari awal oleh koki mereka.
Restoran saat ini memilih bahan-bahan yang baru dibuat daripada makanan pre-made untuk menunjukkan tingkat perawatan ekstra. Pelanggan saat ini siap untuk mengeluarkan satu sen ekstra untuk hidangan yang dibuat menggunakan bahan-bahan in-house yang bebas dari bahan kimia dan pengawet.
Peran Meningkat dari Media Sosial
Restoran hari ini sudah mulai memperhatikan pentingnya media sosial. Membuat hidangan layak 'instagram' adalah cara baru untuk membangun buzz di antara audiens target. Entah itu hidangan pembuka yang digoreng, koktail yang dramatis, atau hidangan penutup yang penuh dosa, serangkaian posting di Instagram bisa menjadi penarik perhatian.
Posting oleh influencer media sosial dan blogger makanan juga dapat memposisikan restoran sebagai tujuan 'kebetulan' atau liburan. Akun Instagram yang menarik jelas merupakan cara yang baik untuk membuat audiens Anda bersemangat dan membangun kesadaran.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: