Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Pengusaha yang Sukses Juga Harus Menjadi Pemimpin?

Kenapa Pengusaha yang Sukses Juga Harus Menjadi Pemimpin? Kredit Foto: Reuters/Michaela Rehle
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pada tahap awal memulai suatu bisnis, pendiri sering menjadi multi-tasker; melakoni dua atau lebih pekerjaan. Pendiri juga bertanggung jawab atas semua aspek bisnis dan akhirnya dapat mengambil lebih dari yang dapat mereka kelola. Jika pendiri sudah mencapai tahap ini, itu tandanya sudah waktunya Anda untuk memperluas dan merekrut tim untuk mendukung bisnis yang berkembang. Jadi sekarang, seorang pendiri harus menjadi pemimpin atau manajer.

Namun, apa artinya menjadi pemimpin? Semuanya bermuara pada eksekusi, yakni memastikan bahwa pekerjaan yang ada mampu terselesaikan dengan sukses dan efisien. Melansir dari Entrepreneur.com (8/1/2019), seperti ini cara mengeksplorasi kepemimpinan didefinisikan oleh eksekusi.

Mengelola Semuanya

Salah satu aspek terpenting dari menjadi seorang pemimpin adalah mampu mengelola tugas dan tim Anda secara efisien. Anda harus dapat menetapkan prioritas yang jelas dan mendelegasikan tugas secara tepat waktu untuk memastikan bahwa tidak ada tenggat waktu yang terlewat.

Dalam lingkungan start-up, satu-satunya yang konstan adalah perubahan, jadi penting bahwa semua tangan siap untuk menyelesaikan proyek dan mengamankan bisnis baru pada saat yang sama. Sebagai seorang wirausahawan, salah satu hal terpenting adalah mematuhi tenggat waktu.

Sangat penting bahwa seluruh tim Anda selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan dan memahami kebutuhan untuk maju. Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menetapkan prioritas yang tepat untuk tim Anda.

Awasi, Jangan Mengganggu

Meskipun penting untuk mengetahui apa yang terjadi di setiap departemen bisnis Anda, penting juga untuk memastikan bahwa Anda tidak mengelola mikro. Pendiri bisnis seringkali sangat dekat dengan hati mereka dan mungkin mereka merasa perlu untuk mengetahui setiap detail kecil, namun penting untuk diingat bahwa karyawan dipekerjakan karena keahlian khusus mereka, jadi terkadang, langkah yang terbaik adalah membiarkan mereka membuat keputusan berdasarkan informasi.

Keterampilan yang Tepat untuk Menjadi Pemimpin

Jika Anda ingin mengarahkan karyawan Anda untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda pun perlu memiliki keterampilan tertentu seperti manajemen waktu, manajemen orang, dan pengambilan keputusan.

Sebuah Master of Business Administration (MBA) dapat mengembangkan pengetahuan bisnis dan keterampilan praktis yang membantu lulusannya memajukan karier mereka di pasar global yang kompetitif saat ini.

Siswa dapat memperoleh pemahaman luas tentang operasi manajemen kontemporer, mempelajari keterampilan industri yang relevan, dan mengembangkan solusi untuk situasi bisnis yang kompleks.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: