Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jangan Investasi Waralaba Sebelum Survei ke Lima Sumber Ini

Jangan Investasi Waralaba Sebelum Survei ke Lima Sumber Ini Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketika hendak memulai investasi waralaba, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Mencari tahu risiko yang mungkin Anda dapatkan dan mencari tahu semua yang berhubungan dengan waralaba adalah langkah yang baik.

Sama dengan investasi dan bisnis lainnya, waralaba juga memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan. Entrepreneur.com (17/1/2019), mengatakan jangan memulai investasi waralaba jika Anda belum meneliti ke-5 sumber ini:

Pemilik waralaba

Sumber pertama informasi Anda tentang perusahaan waralaba adalah pemilik perusahaan waralaba itu sendiri. Biasanya ia akan memberi Anda banyak informasi, termasuk dokumen pengungkapan waralaba (FDD), brosur waralaba atau materi promosi lainnya, tautan ke testimonial franchisee, dan mungkin informasi tentang industri secara umum.

Tenaga penjual kemudian akan sering mengusulkan serangkaian langkah yang akan Anda dan pemilik waralaba lalui untuk saling belajar satu sama lain. Beberapa langkah mungkin termasuk panggilan tinjauan untuk membahas FDD, kunjungan pasar, panggilan ke franchisee, dan menyelidiki pasar untuk layanan Anda.

Pialang waralaba

Sumber daya lain yang dapat membantu memandu Anda melalui proses pembelian waralaba adalah pialang waralaba. Pialang, yang sering menyebut diri mereka "konsultan waralaba," dapat menjadi alat yang berharga dalam membantu Anda menilai opsi.

Tidak seperti penjual waralaba, pialang tidak terbatas pada konsep waralaba tunggal dan dapat mewakili seratus atau lebih franchisor. Dalam jaringan terbaik, pialang dilatih untuk membantu calon franchisee mempersempit pilihan mereka ke beberapa peluang yang cocok untuk mereka.

Pameran Dagang dan Industri

Tempat hebat lain untuk mendapatkan informasi tentang waralaba yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah di pameran dagang waralaba dan, jika Anda mencari di bidang tertentu, pameran industri pilihannya. Pertunjukan waralaba khususnya akan memberi Anda kesempatan untuk berbicara dengan beberapa ratus pemilik waralaba dari berbagai industri hanya dalam beberapa hari.

Pertunjukan ini memiliki kelebihan lain juga. Secara umum, mereka menawarkan seminar tentang semua aspek waralaba—memberi Anda kesempatan untuk belajar sebelum membeli. Seminar-seminar ini menampilkan topik-topik seperti tren industri, memahami ketentuan kontrak, program waralaba veteran, pembiayaan, dan kesuksesan keseluruhan sebagai pewaralaba dan sering kali layak untuk dihadiri.

Asosiasi industri

Situs web Asosiasi Waralaba Internasional berisi banyak informasi tentang waralaba. Selain memungkinkan Anda untuk mencari pemilik waralaba tertentu, ia menyediakan informasi tentang pemasok industri di berbagai bidang seperti keuangan, asuransi, program veteran, program minoritas, dan proses pembelian waralaba.

Pesaing

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi bisnis yang menjadi saingan Anda—baik waralaba maupun independen—di komunitas Anda. Berkelilinglah selama satu atau dua hari, berkeliling di internet, dan mulai mencatat. Siapa saja pesaing dalam bisnis yang Anda pertimbangkan? Berapa lama mereka sudah ada? Apa kekuatan dan kelemahan kompetitif mereka? Bagaimana struktur harga mereka? Lokasi apa yang mereka miliki? Tulis semuanya, hal itu akan memberikan pertanyaan besar bagi calon franchisor nanti.

Kunjungi juga semua perusahaan lokal yang berada di segmen umum yang sama yang Anda pertimbangkan selama jam sibuk. Bicaralah dengan staf, yang seringkali bersedia untuk berbagi informasi tentang bagaimana bisnis ini berjalan. Rasakan bagaimana bisnis ini bersaing di pasar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: