Maybank berhasil masuk ke jajaran top 500 brands dunia untuk pertama kalinya, setelah namanya berada di Brand Finance’s Global 500 Brands sebagai satu-satunya bank Malaysia dan satu dari dua brand Malaysia yang masuk di daftar prestisius ini. Maybank meraih valuasi merek (brand) sebesar US$4,2 miliar, meningkat 32% dibanding valuasi tahun lalu sebesar US$3,16 miliar.
Group President dan CEO Maybank, Datuk Abdul Farid Alias mengatakan, pengakuan ini mencerminkan upaya berkelanjutan Maybank dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan para stakeholders dengan fokus memberikan nilai yang konsisten melalui seluruh produk dan layanannya.
"Ini merupakan kehormatan besar bagi Maybank berada di antara top brands di dunia saat ini. Kami percaya ini menunjukkan cara merek lokal dari Malaysia menetapkan standar baru dan meningkatkan peringkat di panggung global dengan dukungan dari seluruh stakeholder," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Selasa (29/1/2019).
Datuk Farid menambahkan, strategi Maybank dalam mengembangkan pengalaman merek yang berharga yang berpusat pada misi humanising financial services, serta komitmen untuk senantiasa berada di tengah masyarakat, di mana Maybank beroperasi.
"Selain akan terus memperkuat posisi merek kami di seluruh jaringan, kami juga fokus menyediakan pengalaman bagi pelanggan generasi mendatang teknologi yang dengan cepat mempengaruhi gaya hidup kami dan cara orang melakukan transaksi perbankan sekarang," katanya.
Maybank juga menjaga posisinya sebagai top bank brand di Malaysia selama lima tahun, meningkat dari peringkat sebelumnya AAA- menjadi AAA, dan mencatat peningkatan pada Brand Strength Index (BSI) menjadi 86/100 tahun ini dari 82/100 sebelumnya. BSI menjadi faktor utama yang menyumbang valuasi merek dan menentukan kekuatan sebuah merek.
Kinerja yang stabil juga berulang di tingkat regional karena hanya Maybank yang berada di antara delapan brand Asean yang masuk di peringkat global. Maybank menempati peringkat 494 di daftar top 500 most valuable brands dunia.
Samir Dixit, Managing Director Brand Finance Asia Pacific berujar, "Merek Maybank tumbuh makin kuat selama bertahun-tahun dan pencapaian penting ini merupakan penghargaan yang besar bagi upaya pengelolaan merek yang terfokus selama bertahun-tahun. Dan di tengah dunia digital yang chaos, aspek humanising financial services menjadi keunggulan kompetitif Maybank dalam jangka panjang."
Brand Finance adalah survei tahunan yang menilai merek ribuan perusahaan besar dunia. Hasil analisis ini kemudian dibuat peringkat dalam the world’s 500 most valuable brands dan ditampilkan dalam laporan Brand Finance Global 500.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: