Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Cara Sukses Ekspansi Bisnis Internasional

5 Cara Sukses Ekspansi Bisnis Internasional Kredit Foto: Unsplash/Kaleidico
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini akses cepat ke internet telah membuka banyak peluang pasar internasional untuk bisnis dari semua ukuran. Teknologi memungkinkan perusahaan di seluruh penjuru berpikiran untuk mengembangkan bisnisnya secara internasional.

Namun, banyak bisnis gagal saat memasuki tahap ini karena mereka akhirnya memperlakukan geografi yang berbeda sebagai pasar terstandarisasi, yang mengabaikan realitas sosial, ekonomi, dan politik mereka yang sangat berbeda.

Ekspansi bisnis internasional adalah proses pembelajaran yang menuntut fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan ketangkasan. Pengalaman dan perkembangan baru perlu diambil dengan langkah cepat dan penuh percaya diri, untuk mencapai kesuksesan dalam skala apa pun.

Melansir dari Entreprenenur.com (30/1/2019), berikut adalah lima strategi utama yang dapat membantu bisnis sukses berkembang secara internasional:

Memperoleh Pengetahuan Pasar

Untuk berhasil dalam geografi baru, bisnis harus melakukan uji tuntas untuk mengembangkan wawasan pasar. Bagaimanapun, model satu ukuran untuk semua tidak berfungsi dengan baik untuk perusahaan global yang bercita-cita tinggi.

Memahami nuansa bahasa lokal, persyaratan dan preferensi pelanggan, perbedaan budaya, kerangka kerja peraturan, dan operasi industri dapat membantu Anda menyusun strategi terbaik untuk keberhasilan, pertumbuhan, dan skala bisnis jangka panjang di pasar baru.

Memetakan Ukuran Pasar, Segmentasi Produk dan Analisis Peluang

Setelah Anda memperoleh pengetahuan tentang pasar yang dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik untuk berhasil memecahkannya. Menentukan ukuran pasar, memetakan potensi pertumbuhannya di masa depan, dan menganalisis persaingan harus menjadi prioritas utama, karena wawasan ini dapat membantu Anda mengukur berapa banyak waktu dan sumber daya yang perlu Anda investasikan untuk mendorong nilai optimal.

Penting juga untuk mengidentifikasi dan memisahkan tantangan pasar yang ada, dan memikirkan bagaimana caranya mengubah itu menjadi peluang. Analisis mendalam semacam itu memungkinkan Anda untuk mengembangkan produk atau layanan yang sangat disesuaikan untuk menjangkau setiap demografi konsumen sasaran, sehingga memaksimalkan peluang pendapatan Anda.

Dampak Peraturan Resmi dan Hukum terhadap Bisnis

Tergantung pada industri Anda, Anda mungkin harus menghadapi tantangan peraturan dan hukum yang unik ketika berekspansi ke negara lain.

Semua ini tidak dapat diabaikan, karena bisnis Anda harus beroperasi dalam kerangka kerja peraturan dan hukum dari target pasar. Anda harus menangani aspek-aspek seperti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku, prosedur investasi dan bisnis, praktik organisasi perusahaan, penyelesaian sengketa, persyaratan merek dagang, undang-undang bea cukai, dan persyaratan peraturan dan masih banyak lagi.

Meskipun memenuhi semua keperluan ini sebelum secara resmi meluncurkan bisnis Anda di negara baru dapat menjadi proses yang kompleks, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda memahaminya.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mencari panduan hukum yang berpengalaman untuk praktik bisnis asing untuk mengidentifikasi ancaman dan risiko yang dapat bertindak sebagai penghalang bagi bisnis Anda.

Mengidentifikasi Mitra yang Tepat

Ketika berencana untuk memasuki negara baru, Anda mungkin perlu membuat tim terpisah untuk mengelola operasi regional dalam hal distribusi, logistik, penyelesaian sengketa, tata kelola, perpajakan, dan keuangan. Melakukannya dengan kecepatan dan skala kompetitif akan membutuhkan Anda untuk mengandalkan bisnis lokal dengan keahlian dalam fungsi-fungsi penting ini.

Anda mungkin juga perlu menjelajahi aliansi dan kemitraan lokal dengan bergabung bersama perusahaan lain, dengan ukuran dan kehadiran pasar yang sama, yang terletak di wilayah yang Anda masukkan.

Kemitraan semacam itu akan memungkinkan Anda untuk menguji sambil meminimalkan paparan risiko Anda, serta untuk mendapatkan akses ke keahlian lokal, jaringan bisnis, dan rantai pasokan yang ada, menjadikannya salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda di pasar yang lebih baru.

Membangun Strategi Go-to-market (GTM) yang Kokoh

Strategi go-to-market (GTM) dibuat untuk fokus secara khusus pada pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan akhir. Untuk membuat strategi GTM yang unggul, Anda harus terlebih dahulu menetapkan target pasar, diikuti oleh penelitian sekunder tentang ukuran pasar, potensi pertumbuhannya, dan dinamika internal.

Setelah target pasar diuraikan, Anda harus menganalisis pelanggan potensial dan berbagai persyaratan mereka untuk mengidentifikasi bagaimana organisasi Anda dapat melayani mereka dengan baik. Dengan demikian, strategi penentuan posisi yang kuat dapat dirancang untuk menyoroti USP bisnis Anda dan membangun merek kepada target Anda.

Tidak ada keraguan bahwa ekspansi internasional melibatkan banyak seluk-beluk dan risiko. Tetapi, perencanaan yang cermat, alokasi sumber daya yang dioptimalkan, dan penetapan harapan yang realistis dapat membantu memaksimalkan peluang Anda untuk mendirikan bisnis global yang sukses.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: