Bisnis Harus Investasi Lebih Banyak di Masyarakat, Gimana Caranya?
Mendirikan suatu perusahaan bukan hanya bertujuan untuk memperkaya diri sendiri. Namun, harus memiliki dampak kepada masyarakat juga, dan orang sering menyebutnya dampak sosial.
Bukan hanya bisnis besar seperti Microsoft atau Amazon saja yang dapat menginvestasikan dana penghasilannya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Namun, perusahaan yang baru Anda dirikan sekalipun harus meletakkan itu sebagai tujuan. Bagaimana caranya?
Melansir dari Entrepreneur.com (6/2/2019), ada beberapa cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk membuat dampak baik bagi perusahaan ke masyarakat. Simak ulasannya:
Baca Juga: Makin Tajir, 5 Artis Ini Makin Tajir dari Investasi
1. Investasikan pada perusahaan dengan visi melampaui laba
Investor yang sadar sosial harus meneliti dan mengejar perusahaan yang mengembangkan tolok ukur yang jelas untuk apa dampak nyata bagi mereka dan memiliki rencana yang didukung metrik untuk memenuhi standar mereka. Kriteria investasi lain yang tidak biasa adalah bagaimana kita mendekati peluang investasi kita dari masalah pertama, solusi kedua.
Kita perlu memahami masalah dari sisi pelanggan. Singkatnya, perusahaan harus menetapkan visi untuk mencapai penghasilan lebih dari laba dan memberikan sumbangsihnya dalam praktik dampak sosial.
2. Dampak investor membutuhkan metrik baru
Saat ini, hanya sedikit dana dampak yang secara aktif mengukur kemajuan portofolio dan tujuan investasi. Namun, seharusnya lebih banyak orang yang harus bertanggung jawab dan fokus pada misi inti mereka, menghitung investasi yang menunjukkan dampak dunia nyata.
Baca Juga: Mau Tajir Kayak Warren Buffet di 2019? Ini 4 Cara Kelola Uang dan Investasi
Jika Anda menerapkan perhitungan ekonomi untuk masalah lingkungan tertentu, Anda sudah berada dalam langkah yang benar. Itu juga mengapa bisnis mengukur keberhasilan mereka berdasarkan pada laba, margin, dan biaya operasi.
3. Pertanggungjawabkan VC dan perusahaan portofolio
Jika semboyan perusahaan adalah "jangan berbuat jahat," namun tetap menghasilkan pelecehan di hadapan perempuan, maka investor harus melihat lebih dalam dari situs web perusahaan jika mereka ingin mengubah praktik bisnis yang buruk dan perilaku buruk. Berita baiknya adalah bahwa pendekatan investasi dampak yang digerakkan oleh metrik akan membantu VC menghindari startup yang menyeberang ke "perairan yang keruh" secara etis.
Maksudnya, investor dan perusahaan VC yang ingin meningkatkan dampak sosial memiliki peluang untuk memimpin dengan memberikan contoh dan mempertahankan standar yang lebih tinggi. Proses ini dimulai dengan menyelaraskan kegiatan keseluruhan, menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan meninjau perusahaan portofolio saat ini untuk memilih sektor-sektor untuk upaya dampak sosial awal. Pada akhirnya, dampak sosial bukanlah kewajiban untuk usaha atau investor saat ini. Ini sebenarnya keunggulan kompetitif.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: