Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akuisisi Usaha Kecil? Tips and Trik Ala Bos KFC Boleh Juga Nih

Akuisisi Usaha Kecil? Tips and Trik Ala Bos KFC Boleh Juga Nih Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sukses adalah aspirasi biasa setiap pengusaha. Namun demikian, ini tidak hanya terkait dengan startup; itu bisa dicapai dengan akuisisi usaha yang gagal juga. Bahkan, Kolonel Harland Sanders, pendiri KFC, mencapai kesuksesan setelah banyak kegagalan bisnis yang dialaminya.

Baca Juga: Berkat Inovasi Ini KFC Makin Populer di Dunia Digital

Faktanya, KFC bukanlah bisnis pertama yang didirikan Sanders. Dirinya menjalankan berbagai usaha kecil juga. Namun, tetap saja, di antara bisnisnya itu, tidak ada upaya yang bisa membantunya mewujudkan ambisinya sebaik KFC. Keahlian kuliner Sanders membantunya mendirikan KFC.

Setelah ia mencapai sukses besar dalam hal pendapatan, ia menjual bisnisnya kepada sekelompok investor. Penjualan berubah menguntungkan bagi Sanders karena investor baru meningkatkan outlet KFC menjadi 6000 buah dan kemudian ia bisa memperoleh $2 miliar per tahun. Jadi, kisah Kolonel Harland Sanders adalah contoh bahwa bisnis yang diakuisisi juga dapat menjanjikan kesuksesan bagi para investor.

Baca Juga: Kisah Sukses yang Inspiratif dari Pendiri KFC

Namun, bagaimana caranya untuk mengakuisisi bisnis dengan cara yang patut? Mengambil alih bisnis kecil menuntut evaluasi, penelitian, dan minat yang berkembang. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut:

1. Meneliti dengan Baik

Jika suatu bisnis tersedia dengan harga murah maka memperoleh bisnis itu direkomendasikan. Investasi tidak boleh ditaklukkan pada tingkat yang menarik, tetapi pada potensi tersembunyi dalam bisnis. Menilai kinerja bisnis kecil, alasan kegagalan bisnis, dan yang terpenting, memahami risiko adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Selain Investasi, Akuisisi Juga Bisa Jadi Penolong Bagi...

Evaluasi dapat dimungkinkan dengan mengetahui seluk beluk industri, milik usaha kecil. Selanjutnya, percakapan dengan para industrialis terkemuka di sektor tertentu membantu untuk mendapatkan pengetahuan implisit tentang ekosistemnya.

2. Pastikan Pasangan yang Cocok

Setelah memahami pengetahuan tentang sektor ini, sekarang saatnya untuk menemukan pasangan yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasangan yang baik akan menjadi sesuatu yang membangun minat Anda, membuat Anda tetap terlibat, dan memiliki komponen untuk mendorong Anda menjadi unggul dalam industri ini.

Baca Juga: Ingin Masuk ke Marketplace, Facebook Akuisisi Startup Belanja Ini! Duh Siapa Ya?

Sementara berencana untuk mengambil alih perusahaan pilihan Anda, libatkan akuntan dan penasihat sehingga penilaian bisnis dapat akurat.

3. Lakukan Pemeriksaan Ganda

Setelah Anda membuat keputusan untuk mengakuisisi bisnis, sangat penting untuk merenungkan sedikit lebih banyak. Untuk itu, jadilah orang yang bergantung pada orang luar dan tanyakan kesehatan keuangan dalam model bisnis. Auditor, departemen Pajak Penghasilan dan peradilan adalah beberapa media untuk memeriksa silang latar belakang perusahaan.

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Bank BNI Siap Geber Bisnis Modal Ventura

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Advertisement

Bagikan Artikel: