Gile Bener! Pendapatan Esports Global Bakal Sentuh Angka $1 Miliar Tahun Ini
Meningkatnya popularitas dan pemirsa Esports di seluruh dunia telah memunculkan banyak liga dan turnamen selama beberapa tahun terakhir. Sedemikian rupa sehingga pendapatan Esports global diperkirakan mencapai $1,1 miliar tahun ini.
Menurut prediksi dari analis terkemuka di perusahaan riset pasar Newzoo, pasar Esports untuk pertama kalinya akan melebihi tanda pendapatan miliar dolar, pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 26,7 persen.
Baca Juga: Hari Ini, Epic Games Resmi Akuisisi 3Lateral
"Laporan Pasar Esports Global 2019" Newzoo memperkirakan audiens Esports global akan tumbuh menjadi 453,8 juta di seluruh dunia pada tahun 2019, pertumbuhan 15 persen YoY, dan akan terdiri lebih dari 200 juta penggemar Esports dan terkadang bisa mencapai lebih dari 250 juta pemirsa. Ketika pasar Esports matang dan jumlah acara lokal, liga, dan kesepakatan hak media meningkat, kami mengantisipasi pendapatan rata-rata per penggemar untuk tumbuh menjadi $6,02 pada tahun 2022,” keterangan dalam laporan tersebut yang dilansir dari Entrepreneur.com (14/2/2019).
CEO Newzoo, Peter Warman juga angkat bicara, “Pertumbuhan pemirsa Esports yang mengesankan adalah hasil langsung dari pengalaman pemirsa yang menarik tanpa disentuh media tradisional, banyak liga dan turnamen sekarang yang menarik perhatian khalayak, sehingga perusahaan memposisikan diri mereka untuk secara langsung menghasilkan uang bagi para penggemar Esports ini."
Baca Juga: Gokil...Pendapatan Mobile Games Indonesia Tembus US$606 Juta
Warman juga menambahkan hal tersebutlah yang menyebabkan pasar Esports meningkat drastis tahun ini, dan 2019 akan menjadi tahun miliar dolar pertama untuk Esports.
Investasi adalah Penggeraknya
Investasi merek endemik dan non-endemik (hak media, iklan, dan sponsor) akan menghasilkan 82 persen dari total pasar. Aliran pendapatan Esports individu terlaris di seluruh dunia adalah sponsor, mampu menghasilkan $456,7 juta pada tahun 2019.
Selain merek non-endemik, penyiar digital dan perusahaan media TV sudah mulai bersaing untuk konten Esports dan sejauh mana kesepakatan ini akan menghasilkan pengembalian investasi langsung yang akan berdampak pada laju pertumbuhan hak media. Perkembangan lain yang sedang berlangsung yang memiliki potensi pendapatan tinggi termasuk peningkatan waralaba Esports, yakni format konten baru dan tiket premium, keberhasilan game mobile, profitabilitas tim, dan keberhasilan fokus baru pada profesional dan streamer sebagai merek.
Baca Juga: Investasi dalam Industri Game Online
Mempertimbangkan pertumbuhan saat ini, Newzoo memperkirakan pasar Esports akan mencapai $1,8 miliar pada tahun 2022. Jika salah satu dari faktor-faktor ini mempercepat, skenario yang lebih optimis menempatkan pendapatan pada $3,2 miliar, katanya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: