Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Tips Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

3 Tips Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri Kredit Foto: Unsplash/Thought Catalog
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika Anda telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun atau baru memulai, dan melihat bisnis Anda cukup potensial, tentu Anda akan mencari cara untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Metode memperluas pasar merupakan cara paling efektif dalam meningkatkan skala bisnis.

Meskipun produk Anda mungkin sudah terjajakan di ruang-ruang e-commerce. Namun, berupaya untuk memasarkan produk ke pasar internasional, tentu bukan hal yang salah, melainkan sebagai salah satu cara memperbesar bisnis Anda. 

Mungkin kebanyakan pelaku bisnis merasa takut untuk berekspansi ke luar negeri. Padahal, bisa jadi luar negeri merupakan pasar yang paling tepat untuk menjual produk Anda. Berikut adalah cara agar bisnis Anda dapat berekspansi ke luar negeri seperti dilansir dari Thebossmagazine.com.

Baca Juga: Halo Milenial, Yuk Bangun Sukses Lewat Bisnis Kreatif dengan Cara Ini

1. Penelitian, Penelitian, dan Penelitian

Dalam bisnis, data menjadi hal yang penting untuk membuat perubahan besar atau implementasi pada operasi bisnis Anda saat ini. Maka, penting untuk memulai dengan penelitian yang tepat sebelum memasuki pasar baru. Misalnya, jika Anda telah sukses luar biasa dengan produk yang Anda jual di Amerika Utara, lalu bagaimana dengan pasar di negara lain? Dan berbagai pertanyaan yang perlu Anda ketahui jawabannya lewat penelitian.

Ada berbagai alat yang tersedia untuk digunakan oleh seorang marketing dan pemilik bisnis, tetapi Anda juga dapat memulainya lewat laman gratis yang mudah diakses seperti Google Trends untuk mencari data. Anda ingin mencari peluang di negara-negara dengan pencarian kata kunci yang tinggi untuk layanan atau produk Anda, tidak perlu membangun permintaan dari nol di lokasi baru, tetapi cukup dengan data yang mungkin Anda analisis sendiri.

Baca Juga: Banyak Jalan Menuju Roma: Bangun Bisnis Jangan Kebanyakan Ragunya

2. Pemasaran: Memahami Ke Mana dan Kepada Siapa Anda Menjual

Ketika pemasaran yang benar-benar efektif sudah sulit dilakukan di negara tempat Anda berasal, kemudian kultur mulai banyak berubah, sehingga membuat strategi pemasaran Anda terganggu, maka hal ini dapat menjadi kendala Anda untuk berekspansi. 

Maka, Anda dapat menggunakan berbagai cara variatif untuk berinteraksi dengan konsumen, misalnya mencari tahu tentang apa yang dibutuhkan pasar. Untuk mengetahui itu, tentu Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Tenaga marketing menjadi salah satu penunjangnya.

3. Cari Bimbingan

Meskipun Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sudah memiliki perjalanan panjang, namun Anda masih perlu mengelilingi diri dengan orang-orang berpengetahuan dan berpengalaman dalam hal bisnis. Anda bisa mempelajari lagi mengenai finansial dan logistik dari penjualan luar negeri, terutama ketika berekspansi ke pasar di area ekonomi Eropa. Di antaranya berbagai pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan kebutuhan untuk sering menukar mata uang asing (karena harus selalu mendaftarkan produk atau layanan dalam mata uang lokal), dan banyak hal lagi yang harus diperhatikan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: