Banyak orang berlomba-lomba mendirikan bisnis kedai kopi saat ini. Sebut saja beberapa merek yang mulai eksis keberadaannya ini, Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Kopi KOI, dan masih banyak lagi. Tak ayal kalau banyak pebisnis pendatang baru yang mulai menggelutinya juga.
Ternyata ketenaran bisnis kedai kopi ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, animo orang-orang Indonesia minum kopi sedang bagus-bagusnya. Buktinya, di 2018, tingkat konsumsi mencapai 314 ribu ton dan 2021 mendatang diprediksi mencapai 369 ribu ton.
Baca Juga: 11 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Memulai Bisnis Kopi
Meskipun begitu, mendirikan bisnis kedai kopi itu bukanlah hal yang mudah lho. Mengutip dari Forbes, ada beberapa kiat rahasia untuk menggapai kesuksesan dengan bisnis ini, berikut ulasannya:
Konsisten sajikan kopi terbaik
Namanya juga menjual kopi, ya berarti kualitas kopilah yang terus diupayakan agar semakin terbaik. Pasalnya, banyak pecinta kopi yang memilih menjadi pelanggan tetap saat merasakan kualitas kopi khas suatu kedai untuk pertama kalinya.
Kualitas kopi yang pertama harus dipikirkan dan dipertahankan adalah kopi espresso. Sebab, espressolah yang menjadi bahan semua varian kopi yang ada. Jadi, kalau kualitas espressonya sudah baik, so pasti kualitas kopi lain juga yummy!
Baca Juga: 5 Tips Bangun Bisnis Restoran
Penataan kedai kopi
Sama halnya dengan restoran, kedai kopi juga harus dipikirkan penataannya secara matang. Semua itu harus terkonsep dan membuat pelanggan betah berada lama-lama di sana. Kamu bisa meminta bantuan interior designer untuk menata kedai kopi sebagus mungkin, tapi kalau kamu punya tingkat kreativitas yang tinggi, bisa banget diterapkan kok. Hitung-hitung hemat biaya juga.
Promosi di media sosial
Lagi, media sosial memang bisa menjadi senjata buat kamu yang kelimpungan buat promosi. Kekuataannya enggak diragukan lagi bos.
Baca Juga: Bodoh! Bisnis Kecil Bodoh Kalau Lakukan Ini saat Branding
Namun, dalam mempromosikan kedai kopimu di media sosial, enggak boleh asal-asalan ya. Harus menunjukkan ciri khas kedaimu dan menarik bagi target pelanggan ya!
Berikan kartu loyalitas
Pemberian kartu loyalitas rupanya cukup berpengaruh dalam menjaga jumlah pelanggan yang berkunjung ke kedai kopimu. Pada kartu loyalitas ini, kamu bisa memberi apresiasi ke pelangganmu dengan kasih kopi gratis saat kunjungan yang keenam atau kedelapan kalinya.
Adanya apresiasi atau reward seperti itu cenderung mendorong para pelanggan buat terus datang atau membeli kopi di tempatmu. Sebab mereka sebagai pelanggan merasa dihargai lho.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: