Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap! Crowde Target Salurkan Dana Rp200 Miliar

Mantap! Crowde Target Salurkan Dana Rp200 Miliar Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Crowde Membangun Bangsa atau Crowde menargetkan penyaluran pendanaan tahun ini mencapai Rp200 miliar. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan dengan penyaluran tahun lalu senilai Rp51 miliar. Crowde merupakan perusahaan rintisan yang berplatform menghimpun dana dari masyarakat sebagai modal kerja petani.

Head of Marketing Crowde, Afifa Urfani mengatakan, sektor pertanian ikut memberi kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, yang nilainya mencapai 13,6%. Angka tersebut menunjukkan besarnya potensi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karenanya, Crowde  berharap minat investasi ke sektor riil dapat terus bertambah.

"Kami optimis bisa menyalurkan permodalan hingga sekitar Rp200 miliar tahun ini agar bisa ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri melalui sektor pertanian. Proyek usaha tani yang kami modali, tidak lagi hanya berfokus di wilayah Jawa Barat, tapi sudah meluas ke provinsi lain," kata Afifa di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Baca Juga: Crowde Bantu Masyarakat Indonesia Melek Investasi

Hingga saat ini, lanjutnya, sudah ada lebih dari 26 ribu pemodal yang tergabung bersama Crowde dan berhasil membantu lebih dari 10 ribu petani di Indonesia melalui skema permodalan bagi hasil, pinjaman, dan syariah.

"Pemodal bisa memilih tiga skema permodalan di Crowde, yaitu pinjaman, bagi hasil, dan syariah, yang disesuaikan dengan tingkat risiko masing-masing dan karakter dari pemodal itu sendiri," ujarnya.

Sekadar informasi sepanjang tahun lalu, Crowde berhasil menyalurkan pendanaan sebesar Rp51 miliar kepada para petani, peternak, nelayan, dan petambak di Indonesia. Total ada 10 ribu pelaku usaha agrikultur yang telah mendapat pendanaan dari sekitar 23 ribu investor melalui 1.591 proyek permodalan yang tersirkulasi di platform Crowde.

Baca Juga: Jadi Pelopor Startup Agrikultur, Ini Pencapaian Crowde Sepanjang 2018

Baca Juga: Kisah Agen BRILink Bantu Angkat Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Banjarmasin

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: