Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia

Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Chatbot bisa mengurangi waktu interaksi antara perusahaan dengan konsumen melalui telepon dan media sosial, sehingga biayanya lebih murah. Laporan berjudul Chatbots: Banking, E-commerce, Retail & Healtcare 2018-2023 menyebutkan konsumen dan perusahaan di ketiga industri tersebut dapat menghemat lebih dari 2,5 miliar jam untuk berinteraksi hingga 2023 mendatang.

Tak heran jika banyak perusahaan beramai-ramai mengadopsi chatbot. Irzan Raditya, CEO Kata AI, startup yang fokus mengembangkan conversational artificial inteligence atau chatbot mengklaim saat ini telah membangun layanan chatbot untuk 40 perusahaan, mulai dari perbankan, telekonominasi, FMCG, ritel, hingga startup.

Baca Juga: Pos Indonesia Luncurkan Layanan Chatbot

Berikut beberapa Chatbot yang ada di Indonesia:

1. Veronika

Chatbot milik Telkomsel, dikembangkan oleh Kata.ai pada Agustus 2017. Melalui Veronika Telkomsel melayani pelanggan lewat chat di Facebook Messenger, LINE, dan Telegram.

2. Maya

Chatbot milik XL Axiata, bisa melayani konsumen lebih cepat dan mudah. Untuk mengembangkan Maya, XL Axiata menggandeng startup chatbot asal Yogyakarta bernama Botika.

3. Vira

BCA meluncurkan chatbot bernama Virtua Assistant Chat Banking BCA (Vira) pada Juni 2017. Vira merupakan hasil inovasi Fariz Tadjoedin, juara pertama kompetisi Financial Hackathon (Finhacks) yang diselenggarakan oleh BCA pada 2016.

Baca Juga: BRI Luncurkan Chatbot SABRINA dan Indonesia Mall

4. Sabrina

BRI meluncurkan Smart BRI New Assistant atau Sabrina, dengan menggandeng Kata.ai.

5. Cinta

Chat with your INTelligent Advisor (Cinta) merupakan chatbot milik BNI yang dirilis 4 Maret 2018, dengan memanfaatkan platform BJtech besutan PT Jualan Online Indonesia (Bang Joni) untuk mengembangkannya.

6. Mita

Bank Mandiri merilis Mandiri Intelligence Assistant atau Mita. Untuk mengembangkan layanan ini Bank Mandiri menggandeng startup binaannya, yakni InMotion.

Baca Juga: Mandiri Kenalkan Layanan Chatbot MITA

7. Jemma

Di sektor retail, PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan chatbot besutan Kata.ai sejak November 2016. Dikembangkan sebagai media promosi, saat ini Jemma sudah berteman dengan 1,7 pengguna LINE dengan sesi obrolan rata-rata empat menit per orang per hari.

8. Shalma

PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) juga menggandeng Kata.ai mengembangkan Sahabat Alfamart atau Shalma. Melalui Shalma, konsumen bisa bertanya mengenai promo terbaru dari Alfamart.

Baca Juga: Kabar Baik! Transfer di 29 Bank Ini Cuma Rp 2.500 Melalui BI-Fast

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: